Cara memotong Sim Card dari micro jadi nano — Saat ini semakin banyak saja smartphone yang mendukung penggunaan teknologi SIM card Nano, jika membeli smartphone yang seperti itu mau tidak mau pengguna harus rela memotong SIM card standard atau microSIM nya menjadi nanoSIM. Perusahaan Apple bahkan sudah mendorong miniaturisasi dari SIM card biasa ke microSIM, lalu terakhir ke nanoSIM.

memotong sim card

Memotong sim card (Image: youtube.com)

Dikutip dari PhoneArena, Senin (3/8), tidak perlu repot-repot membawa sim card Anda ke counter handphone, karena Anda sendiripun bisa dengan mudah memotong sim card sendiri menjadi nanoSIM. Pengguna bisa dengan mudah melakukannnya dengan cara memotong dengan gunting.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memotong di sekitar bagian tepi SIM card namun jangan sampai mengenai bagian konektor SIM card tersebut, konektor tersebut biasaya berwarna emas dibagian tengah.

Walaupun hasilnya mungkin tidak sebagus seperti potongan SIM card dari toko ponsel, tapi memotong SIM card sendiri tentu saja akan lebih menghemat waktu serta biaya, karena gratis dan cukup dilakukan dari rumah saja.

Berikut ini adalah sebuah ilustrasi yang dapat Anda gunakan untuk memotong SIM card Anda sendiri.

memotong sim card micro nano

Ilustrasi memotong sim card (Image: Phone Arena)

Ada satu hal yang perlu Anda ingat, yaitu apabila Anda tidak berhati-hati dan jika Anda memotong bagian berwarna dari SIM card terlalu dalam, maka bisa mengakibatkan SIM card menjadi rusak dan apabila Anda ingin menggantinya dengan yang baru akan dikenakan biaya oleh operator, walaupun harganya mungkin tidak terlalu mahal namun tentu ada syarat-syarat tertentu yang harus Anda penuhi agar mereka mau memberikan SIM card baru dengan nomor yang sama. Namun pastikan Anda berhati-hati saat memotong SIM card ini.

Anda bisa saksikan video berikut untuk lebih mudahnya.

Semoga berguna ya :)