Cara memilih font yang baik dan benar agar anda tidak salah langkah dalam membuat desain — Tipografi seperti yang kita semua ketahui adalah salah satu elemen yang paling penting dari setiap bagian desain. Pilihan tipografi pada akhir nya bisa menciptakan sesuatu yang menarik namun bisa juga menghancurkan desain anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang designer untuk memiliki mata yang jeli dan selera dalam memilih tipografi yang tepat untuk proyek yang berbeda. Salah satu jenis font belum tentu bisa digunakan untuk desain pada proyek anda yang lain. Jadi sangat penting untuk memilih tipografi yang tepat untuk proyek-proyek desain.

Memilih jenis huruf yang tepat untuk berbagai proyek desain anda dapat menjadi salah satu pekerjaan yang menakutkan jika anda tidak mengerti cara yang benar dan tentunya bisa menimbulkan

kebingungan ketika anda mencari jenis font untuk keperluan proyek anda. Karena ada ribuan jenis font yang tersedia dan setiap hari tercipta font-font baru, ini tentu bisa menimbulkan kebingungan.

Hal ini sama dengan memilih baju untuk acara tertentu, jika anda ingin pergi ke acara pernikahan yang resmi tentu anda akan menggunakan jas atau setidaknya batik, tidak mungkin kan anda menggunakan kaos, tentu akan terlihat aneh. Begitu juga dalam pemilhan font, untuk perusahaan serius tentunya akan salah jika anda memilih jenis font komik.

Sekali lagi jika anda mengerjakan desain untuk orang lain, bukan untuk anda sendiri, tentu tidak bisa asal-asalan, apa lagi jika nilai project nya cukup besar, reputasi anda di pertaruhkan, jadi pemilihan font pun tidak bisa sembarangan, banyak hal yang perlu dijadikan pertimbangan.

So, Bagaimana cara memilih font yang baik dan benar? berikut beberapa aturan yang bisa anda jadikan pertimbangan.

1. Pahami Siapa Target Audiens

Yang pertama yang penting untuk diperhatikan yaitu siapa klien anda dan untuk siapa desain itu nanti digunakan. Font untuk bank tentu akan berbeda dengan perusahaan keuangan, atau perusahaan teknologi, apa lagi perusahaan games.

computer and kid

2. Fokus Pada Keterbacaan (Readability)

Keterbacaan dalam desain cukup penting untuk di pertahatikan. Pastikan untuk memilih font yang dapat dibaca. Jelas, di era sekarang ini, kita semua cenderung untuk meletakan fokus pada penampilan yang menarik, daya tarik visual, tapi tetap keterbacaan dari sebuah font sangat penting.

hard to read typography

3. Mempersempit Pilihan

Sangat penting untuk merencanakan apa yang ingin anda tampilkan. Ada satu aturan praktis yang penting untuk diterapkan dalam semua jenis desain. Usahakan untuk selalu memilih tiga jenis font untuk bagian yang berbeda, satu untuk judul, satu untuk bagian isi (body text) dan satu lagi untuk aksen. Ini akan membuat desain anda tampil menawan, memiliki visual yang bagus dan mudah untuk di mengerti. Terkadang dua jenis font saja sudah cukup.

4. Pengaturan Kata dan Spasi

Pengaturan kata yang benar dan jarak yang tepat akan membuat desain anda terlihat profesional, mudah dibaca dan dipahami tanpa menimbulkan kebingungan bagi orang lain untuk memahami apa pesan yang ingin disampaikan melalui desain tersebut. Jenis font yang anda pilih harus memungkinkan kita untuk melakukan pengaturan kata yang tepat dan spasi untuk membuat teks mudah dibaca.

5. Terlihat Profesional

Meskipun anda seorang newbie, tetap pastikan desain anda tidak membiarkan orang lain menilai anda seorang newbie. Maksud nya adalah berada di level manapun anda sekarang, tidak peduli sudah berapa lama anda mendesain, jangan pernah meremehkan pemilihan font. Ketika memilih font tanyakan pada diri sendiri apakah font itu akan membuat desain anda terlihat profesional atau tidak, jika jawabannya tidak segera tinggalkan font tersebut dan cari terus yang tepat dan sesuai dengan keperluan.

6. Cari Bantuan.

Mencari bantuan dari sesama desainer lain bukan berarti anda seorang desainer yang kekurangan kepercayaan diri, anda perlu ingat anda belum tentu bekerja pada kondisi badan dan fikiran yang fit dan maksimal, kadang kala banyak pikiran yang mengganggu, baik urusan keluarga atau urusan pacar misalnya. Dari pada memilih font & memutuskan sendiri ada baiknya bertanya pada teman desainer anda yang lain, siapa tau dia dalam pikiran yang lebih segar dibanding kondisi anda disaat itu. Masukan dari dia bisa membantu anda memilih font yang tepat,

7. Research Font

Ada banyak artikel yang mungkin sudah tidak terhitung lagi jumlahnya dan banyak juga buku-buku tentang tipografi, silakan luangkan waktu untuk membaca. Pengetahuan anda yang banyak tentu akan sangat membantu anda dalam melakukan hal-hal yang tepat dalam pekerjaan anda.

font research

Itulah beberapa cara untuk menentukan atau memilih font yang tepat untuk desain anda, intinya jangan gegabah dan jangan sembarangan dalam memilih font, karena salah pilih dapat menghilangkan makna yang seharusnya bisa dipahami dengan baik oleh orang lain, menjadi suatu bumerang yang akan menghancurkan desain anda. Jadi tetap serius namun santai dalam bekerja, khususnya di dunia desain yang erat kaitannya dengan rasa.