Cara membuat resume lamaran kerja | Ketika seseorang melamar pekerjaan biasanya mereka akan membuat dan mengirim curriculum vitae (CV) yang berisi riwayat hidup. Namun selain CV ada juga resume yang juga menjadi salah satu dokumen yang dibutuhkan ketika hendak melamar kerja.

resume lamaran kerja

Resume (Image: buzzfeed.com)

Jika CV bentuknya daftar, maka resume berisi ringkasan informasi mengenai pendidikan, pengalaman kerja dan pencapaian akan sesuatu atau prestasi.

Resume harus bermanfaat untuk si pelamar dan orang yang membaca. Resume harus bisa memberikan fakta-fakta tentang latar belakang pelamar. Selain itu harus bisa menunjukan kualifikasi yang dimiliki sehingga layak untuk memangku jabatan yang disasar atau dilamar.

Ketika kita menulis resume, pastikan berbagai infromasi berikut ini tertulis dengan langkap dan jelas.

Informasi dasar

Informasi dasar berupa biodata umum seperti nama lengkap, alamat rumah, nomor kontak serta alamat email.

Sasaran karier

Jangan lupa tuliskan sasaran karir yang dituju, yaitu posisi yang Anda inginkan pada perusahaan tersebut. Sebagai contoh, “Bekerja sebagai desainer website di perusahaan media bereputasi baik dimana saya dapat membangun dan mengembangkan karir sebagai seorang lulusan ilmu komputer”.

Latar belakang pendidikan

Jangan lupa untuk mencantumkan gelar apa saja yang Anda raih, tahun berapa Anda lulus dan nama perguruan tinggi tempat Anda menuntut ilmu. Selain itu tuliskan juga prestasi yang Anda raih selama kuliah.

Pengalaman kerja

Pengalaman kerja Anda juga bisa Anda sertakan disini, pengalaman yang ditulis tidak selalu yang menghasilkan uang/dibayar, pengalaman yang tidak ada bayarannya pun layak untuk dituliskan, misal pengalaman magang, jadi sukarelawan atau kegiatan lain yang relevan dengan posisi yang sedang Anda lamar.

Kegiatan ekstrakulikuler

Tuliskan juga pengalaman Anda dalam berorganisasi atau kegiatan yang menunjukan bahwa Anda memiliki beberapa soft skill seperti manajemen, kepemimpinan atau komunikasi jika bidang pekerjaan Anda memang membutuhkan pengalaman tersebut.

Minat dan bakat

Selain pengalaman, tuliskan juga minat serta bakat Anda yang bisa mendukung bidang pekerjaan yang Anda lamar. Dalam hal ini misalnya kemampuan berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya yang bisa menunjang kemampuan Anda sebagai desainer web misalnya.

Referensi

Anda juga bisa menuliskan dua sampai tiga buah informasi kontak yang bisa menjadi personal referensi. Referensi Anda bisa jadi dosen, dekan atau kepala laboratorium saat Anda kuliah dulu.

Proporsional

Tuliskan semua yang dibutuhkan oleh pihak yang akan membaca resume Anda saja, jangan tulis berlebihan, tulis selengkapnya, namun lugas dan mudah dimengerti. Jangan masukan hal-hal yang Anda rasa tidak terlalu berguna dengan pekerjaan yang Anda sasar.

Relevan

Disamping proporsional resume sebaiknya ditulis dengan relevan, jika bidang yang Anda sasar tidak berhubungan dengan ilmu kepemimpinan namun hanya sebagai desainer web saja, maka ada baiknya Anda tidak menyertakan pengalaman berorganisasi di kampus, namun lebih fokus ke kursus, seminar atau workshop seputar web desain yang pernah Anda ikuti.

Menarik

Buat resume semenarik mungkin namun jangan berlebihan, maksudnya disini adalah jika perlu desain serapih mungkin sehingga nyaman ketika membacanya.