Cara membagi postingan menjadi beberapa halaman di WordPress tidaklah sulit, bahkan sangat mudah membuat postingan dengan multiple page tersebut, namun sayangnya banyak orang yang tidak mengetahui caranya.

Membagi postingan menjadi beberapa halaman memiliki banyak kegunaan, diantaranya adalah untuk menghemat penggunaan resource, terutama ketika postingan tersebut terlalu panjang dan memiliki banyak sekali gambar, jadi agar tidak berat ketika dibuka oleh pengunjung maka ada baiknya postingan tersebut dibagi saja menjadi beberapa halaman.

Selain itu, membagi postingan menjadi beberapa halaman akan bisa meningkatkan pageview website Anda.

[recent-posts]

Disamping beberapa keuntungan diatas, membagi postingan menjadi beberapa halaman juga memiliki dampak buruk bagi website Anda, karena jika tidak dilakukan dengan bijak maka bisa membuat pengujung menjadi kesal dan tidak menyukai website anda.

Cara membagi postingan jadi beberapa halaman di WordPress

Jika Anda tetap ingin membagi postingan WordPress dalam beberapa halaman, caranya adalah sebagai berikut

1. Taruh kursor pada posisi yang ingin Anda bagi menjadi beberapa halaman (misalnya pada akhir paragraph ke-5 dan akhir paragraph ke-9).

2. Lalu tekan kombinasi tombol keybord ALT+SHIFT+P untuk pengguna PC, sedangkan untuk pengguna produk komputer Apple maka bisa menggunakan kombinasi tombol CONTROL+OPTION+P. hingga muncul tulisan — PAGE BREAK — di visual editor.

Kombinasi tombol keyboard tersebut bisa Anda gunakan jika Anda menggunakan mode Visual di editor WordPress.

Untuk Anda yang suka menggunakan mode Text, maka untuk membagi postingan Anda cukup menambahkan <!––nextpage––> pada posisi-posisi yang Anda inginkan, kombinasi tombol keyboard tidak berfungsi pada editor dengan mode Text.

wordpress nextpage page break

Video tutorial

Apabila Anda masih kebingungan dalam menerapkan cara diatas, maka Anda bisa melihat video tutorial dibawah ini.

Membagi postingan menggunakan plugin

Jika Anda kesulitan dengan dua cara diatas, maka Anda juga bisa mengunakan plugin Page Break untuk memudahkan, karena jika menggunakan plugin tersebut, untuk membagi halaman tinggal klik tombol yang ada di editor.

Jika link halaman tidak muncul.

Tidak semua theme WordPress mendukung postingan dalam beberapa halaman, jika template Anda termasuk yang tidak bisa, maka pastikan pada kodingan template yang Anda gunakan terdapat fungsi:

<?php wp_link_pages('pagelink=Page %'); ?>

Kode diatas harus ada di single.php, dan posisinya adalah diatas ataupun dibawah fungsi:

<?php the_content(); ?>

Sekian tutorial singkat kali kali, semoga berguna, jika Anda memiliki pertanyaan seputar tulisan ini silahkan tuliskan di kolom komentar yang ada dibawah.

DEMO

Untuk demo Anda bisa melihat pada tulisan Jurnalweb yang berjudul 33 Template Admin Bootstrap Gratis & Responsive ini.