Cara Google merekrut programmer ini sangat luar biasa — Tidak mudah untuk mendapatkan seorang programmer yang bagus untuk dijadikan karyawan di perusahaan, termasuk di perusahaan teknologi kelas dunia seperti Google. Hal tersebut tentu saja menjadi tantangan tersendiri untuk para staf perekrutan karyawan Google.

Namun ada sebuah cerita menarik dari pengalaman seorang programmer yang bernama Max Rosett saat dia menceritakan pengalamannya ketika direkrut oleh Google. Dimana pada saat itu Google memanfaatkan teknologi dari mesin pencarinya untuk mencari seorang programmer yang potensial dan yang bisa bekerja untuk mereka.

Di blognya The Hustle, Max Rosett menjelaskan bagaimana Google secara diam-diam memiliki aplikasi khusus dan rahasia yang ditanamkan pada mesin pencarinya. Aplikasi tersebutlah yang ternyata bertindak sebagai staf perekrutan programmernya, lalu seperti apa kisahnya?

“Suatu pagi, pada saat sedang mengerjakan sebuah proyek, saya melakuakan pencarian di Google dengan menggunakan keyword ‘python lambda function list comprehension’. Kemudian tautan yang ditandai dengan warna biru seperti biasanya pun muncul. Namun setelah itu terjadi hal yang tidak biasa,” menurut Max, seperti dilansir laman News Softpedia pada Jumat (28/8).

Seperti dalam cerita di film Harry Potter saja, link tersebut seperti mengantarkannya masuk kesebuah pintu rahasia dan kemudian menuju dunia fantasi.

Halaman hasil pencarian Google pun kemudian terbelah menjadi dua (mungkin animasinya). Setelah itu timbul sebuah pesan yang bernada menantang, “You’re speaking our language. Up for a challenge?”, kira-kira seperti itu bunyi pesan mengejurkan tersebut.

– Baca juga: 10 Skill Yang Dibutuhkan Jika Ingin Kerja Di Google

Yang kemudian diikuti dengan 3 pilihan jawaban dibawahnya, pilihan pertama ‘I want to play’, pilihan kedua ‘No thanks’, lalu ketiga ‘Don’t show me this again. Karena merasa penasaran, Max akhirnya memilih jawabab pertama.

max rosett google

Image via thehustle.co

Saat dia memilih jawaban pertama, lalu kemudian muncul halaman yang bernama Foo.bar, halaman tersebut memiliki tampilan seperti UNIX, dia mengetik perintah untuk melihat daftar file yang tersedia. Terdapat satu file yang disebut “start_here.txt”, dia membukanya dan terlihat kalimat.

“Type request to request a challenge. Type help for a list of commands.”

Kemudian Max mengetik “request” dan tantangan pun dimulai, Max Rosett kemudian diarahkan ke halaman khusus dan di halaman tersebut dijelaskan dalam waktu dua pekan kedepan, dia diminta untuk menyelesaikan enam masalah pemrograman.

max rosett google

Image via thehustle.co

Setiap tantangan diberi waktu dua hari untuk menyelesaikannya, kemudian jawaban di unggah kehalaman rahasia tersebut. Max pun dengan serius dan tekun mengerjakan tugas-tugas tersebut.

Max menyelesaikan tugas pertama dalam waktu beberapa jam saja, kemudian disusul dengan lima pertanyaan lain dalam waktu dua minggu.

– Baca juga: Bikin CV Keren Berbentuk Web Wanita Ini Dapat Perhatian CEO Perusahaan Airbnb

Pada saat semua tugas sudah dia selesaikan, Max diminta untuk memberikan kontak personal serta diberi tahu bahwa perwakilan dari staf HRD Google ingin bertemu dengannya. Max pun memberikan nomor teleponnya dan emailnya.

Singkat cerita, Max Rosett yang pada awalnya hanya iseng mencari tentang Python di Google menerima tantangan yang muncul tiba-tiba, dan akhirnya direkrut setelah menyelesaikan sejumlah permasalah seputar pemrograman dan sekarang sudah menjadi salah satu engineer baru di Google.

Menarik sekali ya cara Google merekrut karyawan, jadi setelah membaca ini, ketika Anda tiba-tiba menemukan halaman yang cukup “mencurigakan” saat melakukan pencarian di Google. Jangan takut, jangan di tutup, hadapi dan siapa tau Anda bisa menjadi salah satu karyawan di Google, yang sangat diidamkan banyak orang tersebut.