Cara format flashdisk di Mac OSX  Terkadang kita perlu untuk memformat ulang flash drive agar bersih dari file-file yang tidak penting dan terlihat lebih fresh dan siap untuk digunakan kembali setelah kosong karena sudah di format.

Jika Anda menggunakan windows akan mudah untuk memformat flash drive, tinggal klik kanan pada drive flash tersebut dan pilih format. Namun, tidak begitu dengan pengguna Mac OSX, karena tidak ada menu format ketika drive di klik kanan.

usb flashdisk flash drive

Flashdisk (Image:clipartsfree.net)

Untuk melakukan format flash drive menggunakan Mac OSX maka Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama Anda harus buka folder Applications, and bisa mencarinya di Finder, atau dengan cara menekan tombol ‘command‘ dan ‘spacebar/spasi‘ secara bersamaan, lalu ketik “applications”.

Langkah kedua adalah lakukan scroll hingga Anda menemukan foler Utilities dan buka aplikasi Disk Utility. Atau Anda juga bisa mencari mengunakan fitur pencarian yang ada di Mac OS Anda.

Langkah ketiga yaitu ketika Anda ada di aplikasi Disk Utility, pilih drive USB anda pada kolom sebelah kiri, setelah itu klik tab “Erase” yang bisa Anda temui di bagian atas pada kolom sebelah kanan.

Langkah keempat yaitu ketika Anda sudah berada di kolom Erase, lalu pilih jenis format, Anda bisa memilih “MS-DOS (FAT)” atau yang lainnya, setelah itu beri nama dengan mengisi bagian “Name“.

Langkah kelima dan ini adalah bagian terakhir yaitu klik tombol Erase, dan nanti akan muncul popup, tinggal tekan kembali tombol Erase untuk menjalankan prosesnya.

Itulah beberapa langkah melakukan format ulang pada USB Flash Drive/Disk menggunakan Mac OSX.