Disable klik kanan pada gambar yang ada di halaman web adalah salah satu cara untuk mencegah pencurian gambar tersebut.

Hukum hak cipta bersifat universal dan berlaku di seluruh dunia. Pencipta asli secara otomatis menjadi pemilik hak cipta dari karya kreatif mereka. Bahkan jika mereka tidak menyebutkan pada situs web mereka, kita masih harus mengasumsikan bahwa konten yang mereka tampilkan di proteksi oleh hak cipta.

Masalahnya adalah bahwa gambar dan teks dapat dengan mudah disalin, bahkan hanya tinggal klik kanan lalu save. Banyak orang berfikir bahwa tidak ada yang akan melihat mereka mencuri gambar dan digunakan pada situs mereka sendiri tanpa izin bahkan tanpa menyertakan sumbernya.

disable klik kanan

Klik Kanan (Image: macworld.co.uk)

Hal ini tidak hanya ilegal tapi juga tidak etis karena mencuri karya orang lain. Ada banyak website yang menyediakan gambar gratis yang bisa Anda gunakan, seperti yang pernah beberapa kali jurnalweb bahas di postingan berikut:

Memang tidak mungkin untuk mengamankan 100% gambar atau foto dari pencurian, namun tetap ada cara untuk setidaknya mencegah dan mengurangi kemungkinan hal tersebut terjadi, salah satunya adalah dengan mencegah atau disable klik kanan pada gambar. Anda bisa melakukannya dengan sangat mudah, dan hanya membutuhkan beberapa baris javascript / jquery saja.

Berikut script yang bisa digunakan dengan jquery.

$('img').bind('contextmenu', function(e) {
    return false;
}); 

Jika Anda ingin melindungi gambar yang ada di dalam sebuah CLASS tertentu, misal di CLASS .hallo  maka script nya menjadi seperti ini:

$('.hallo img').bind('contextmenu', function(e){
    return false;
});

Demo

Disable Klik Kanan Gambar di Wordpress

Para pengguna WordPress juga bisa mencegah orang untuk klik kanan pada gambar dengan menyertakan script diatas, tinggal taruh di [head] dan [/head].

Cara lainnya yang lebih mudah bisa dengan menggunakan plugin, salah satunya No Right Click Images Plugin yang bisa digunakan dengan gratis.