Buku memiliki hyperlinks seperti website | Browser internet jika kita lihat mengambil beberapa konsep yang yang ada pada sebuah buku, seperti bookmark misalnya. Namun untuk tugas diplomanya pada tahun 2010, Maria Fisher malah melakukan hal yang sebaliknya.

Maria malah mengambil konsep yang biasanya kita temukan di internet yaitu hyperlink, dan dia adopsi untuk diterapkan pada sebuah buku.

Untuk melakukan hal tersebut, Maria menggunakan benang/tali tipis untuk menghubungkan sebuah kata dengan kata lain yang ada pada halaman yang berbeda dalam buku tersebut.

Hasilnya terlihat cukup membingungkan, namun hal tersebut tetap terlihat indah, namun percobaan pada buku ini tidak membuat titik. Ini menunjukan bagaimana kompleksnya hyperlinks tersebut, dan bagaimana sulitnya untuk memvisualisasikan koneksi yang ada di Internet.

Penasaran seperti apa buku berhyperlink tersebut? berikut ini beberapa foto nya yang diunggah Maria Fisher di website portfolionya.

buku memiliki hyperlink

Benang link terlihat membingungkan

buku hyperlink

Sebuah kata yang memiliki link

buku hyperlink 2

Jaringan link pada buku Maria

buku hyperlink

Garis link seperti itu mengganggu kenyamanan membaca tidak ya? tulisan jadi terhalang

buku hyperlink

Gambaran fondasi link

buku hyperlink

Mirip ribetnya dengan kabel jaringan di ruang server ya :D

Sangat menarik apa yang dibuat oleh Maria, walaupun terlihat ribet namun sangat mengagumkan bagaimana dia menyusun link dalam sebuah buku dan menghubungkan halaman satu dengan halaman lain dengan sebuah benang.