Sedari dulu kita sudah mendengar sebuah kalimat mujarab tentang rahasia keberhasilan sebuah website, yaitu “Content Is King” dimana menempatkan konten website sebagai prioritas utama dibandingkan hal lain seperti desain web atau SEO.

Hal ini pasti akan dibantah oleh orang yang bergerak di bidang desain, malah justru ada yang menganggap hal seperti itu salah, alasannya karena beranggapan bahwa kemasan adalah hal pertama yang seolah menjadi prioritas utama, bungkus nomor satu sedangkan rasa nomor dua, cover paling penting isi nomor sekian, desain web menjadi hal pertama yang dilihat orang, seolah desain adalah penentu keberhasilan sebuah website. Bahkan ada kalimat yang sering kita dengar bahwa “Jika desain kamu tidak bagus, maka pengunjung web akan langsung close websitenya, karena terlihat tidak profesioanal jadi pasti infonya pun tidak kredibel”.

Berikut ini ada salah satu contoh yang bisa mematahkan hal tersebut, yaitu sebuah blog yang bisa dibilang sangat sukses hanya dengan mengandalkan layanan blog gratisan yaitu Blogspot.

blog linda ikeji

tampilan blog linda ikeji

Kalau dilihat blog tersebut seolah remeh-temeh sekali, karena hanya menggunakan blog gratisan dengan nama blog yang biasa-biasa saja, yang mungkin jika ditanyakan kepada orang-orang yang sibuk dengan SEO pasti dibilang nama blog dan domainnya tidak SEO friendly. Begitu juga dengan urusan SEO on Page nya tidak di urus dengan baik, tag title di websitenya hanya tertulis ucapan selamat datang, sedangkan tag title dihalaman artikel berisi “selamat datang + judul artikel”, hal ini pasti dianggap salah oleh praktisi SEO karena menganggap penulisan title seperti itu tidak bagus karena yang bagus itu yang title nya hanya berisi teks dengan panjangnya antara 50 sampai 70 karakter, beda dengan web yang kita bahas ini dimana dia menuliskan judul artikel dibagian belakang tag title, setelah ucapan selamat datang, jumlah karakternya bisa lebih dari 100.

SEO: Tanpa Meta Description dan Meta Keyword

Website ini juga tidak memiliki meta description di bagian header, hal ini tentu akan jadi hal yang tidak bagus menurut praktisi SEO, karena meta description itu sangat penting karena termasuk salah satu elemen penting dari SEO on page yang diambil oleh Google untuk ditampilkan di halaman hasil pencarian, sedangkan meta keyword juga tidak disertakan di blog tersebut, namun untuk meta keyword kita maklumi saja karena google pun sudah tidak memperdulikan meta keyword untuk penilaian SEO dan ranking website.

Desain: Desain Webnya Terlihat Berantakan

Pertama melihat blog tersebut, orang pasti akan bingung, ini nama website nya apa sih? kok tidak jelas banget, website ini memiliki judul dibagian atas halaman web yang diberi warna putih, namun sulit untuk dibaca. Desainer pasti akan langsung mengkritisi desain web seperti ini karena readability atau keterbacaannya bisa dibilang tidak bagus.

Background website ini pun pasti akan di kritisi karena menggunakan gambar kecil saja yang di setting tile sehingga memenuhi background, dan sangat tidak enak untuk dilihat karena membuat web terlihat berantakan, sebagian besar desainer pasti akan mempermasalahkan hal tersebut.

Layout website ini juga pastinya akan dianggap tidak bagus, karena tidak proporsional, agak timpang antara header dan body nya, bagian body dibagi menjadi 3 kolom, header dan body nya tidak proporsional, dimana lebar iklan yang ada di atas tidak rata dengan header dan body dan ini tentu dianggap kesalahan mendasar oleh desainer web.

Itulah segelintir hal yang kurang bagus dari website ini, yang pasti kalau sekilas dilihat akan dianggap blog ecek-ecek yang tidak profesional, yang layak untuk segera di tinggalkan.

NAMUN, KENYATAAN BERBEDA!

Namun tahukah Anda, bahwa blog yang dibuat gratis dengan menggunakan blogspot, desain terlihat berantakan dan SEO tidak di optimasi ini merupakan blog yang sangat sukses, sebagai bukti mari kita lihat dulu bagaimana pemiliknya berfoto dengan dua mobilnya berikut ini.

Linda ikeji dan mobil nya

Linda ikeji dan mobil nya (Foto: gistus.com)

Yap, blog milik Linda Ikeji ini beralamat di lindaikeji.blogspot.com, pemiliknya berasal dari Nigeria.

Blog Linda Ikeji dikabarkan menghasilkan uang Lima Juta Naira (mata uang Nigeria) per bulan, pada tahun 2013, sekarang tentu sudah lebih dari itu! 5 juta naira / bulan itu setara dengan 332jt rupiah untuk setiap bulannya yang dia hasilkan dari blog gratisan.
Kurs: 1 Naira = 0.0050 US Dollar = 66.42 rupiah

Ranking Alexa website Linda Ikeji 1,901 secara global, dan ranking 13 website paling sering dikunjungi di Nigeria menurut Alexa, jadi silahkan di kira-kira sendiri berapa juta page view setiap bulannya.

Linda mulai ngeblog sejak tahun 2010, menurut blog CheckVT, Linda Ikeji merupakan salah satu blogger terbesar di Nigeria. Linda pernah menjadi model dengan bayaran tertinggi di negaranya. Alumni University of Lagos jurusan bahasa inggris ini masuk dunia modeling di usia 17 tahun.

Situs BBC Africa bahkan menyebut Linda

..one of the most popular entertainment sites in Nigeria, and her posts reflect the diversity of its readers: From celebrity gossip and relationship advice to fashion and politics – BBC Africa.

Linda menawarkan space iklan di websitenya, dan ini menjadi pendapatan dari blognya.

Blog Linda berisi materi seputar News, Event, Entertainment, Lifestyle, Fashion, Beauty, Inspiration & Gossip. Blog ini sudah membuka mata kita tentang berbagai hal menarik seputar blogging.

  1. Blog ternyata bisa menghasilkan uang yang sangat banyak meskipun dibuat hanya dengan blog gratisan.
  2. Konten adalah Raja, kualitas konten merupakan hal utama dalam blogging, bukan desain atau tampilan layout dan bukan juga teknik SEO yang macam-macam.
  3. Update konten rutin menjadi poin penting lainnya dari blog Linda Ikeji ini, dia rutin mengisi blognya, blog Linda tidak copy paste artikel dari web lain, namun hanya mengutip sebagian, hal ini tentu disukai google karena tidak menimbulkan duplikasi konten yang bisa dianggap spam.
  4. Speed Website juga ternyata juga bukan masalah untuk menghasilkan website yang dikunjungi jutaan orang setiap bulannya.
  5. Kekuatan server penting, dengan menggunakan blogspot berarti website ini mengandalkan server Google untuk melayani pengunjungnya yang sangat banyak.
  6. Penting untuk memiliki pengunjung setia, website ini terbukti sangat disukai oleh masyarakat Nigeria meskipun dia bukan satu-satunya blogger terkenal di Nigeria, karena Nigeria juga memiliki banyak sekali blogger sukses dengan pengunjung sangat ramai dan ranking alexanya pun tinggi, bisa dilihat link ini. Anda pasti tau apa yang bikin sebuah blog punya pengunjung setia (konten berkualitas dan disukai pembaca dan rutin membuat tulisan baru).

Salut untuk keberhasilan Linda Ikeji, pasti akan sangat menginspirasi blogger di Indonesia, silahkan kunjungi lindaikeji.blogspot.com untuk melihat lebih desail.