Buat blog untuk toko online agar ramai pengunjung dan pembeli — Berbisnis di internet dengan mendirikan toko online untuk menjual berbagai jenis produk semakin hari semakin banyak dilakukan oleh masyarakat. Kemudahan transaksi, tidak membutuhkan modal besar untuk sewa tempat, pelayanan 24 jam, dan hal-hal praktis lainnya membuat geliat e-commerce makin marak.

Namun sayangnya banyak pemilik situs e-commerce / toko online yang tidak terlalu paham bagaimana agar toko tersebut bisa ramai, banyak dari mereka cenderung lebih fokus pada penjualan saja, promosi di sosial media atau beriklan hingga menghabiskan banyak uang.

ecommerce blog

E-commerce blog (Image: indusnet.co.in)

Mereka lupa bahwa website e-commerce juga bisa ditunjang dengan mendirikan sebuah blog, website e-commerce yang memiliki blog akan lebih mudah untuk menjaring pengunjung yang berpotensi menjadi pembeli, karena sudah terbukti bahwa blog yang dikelola dengan baik sangat bagus untuk mendatangkan pengunjung. Bahkan ada banyak blog yang pengunjungnya lebih banyak dibanding toko online.

Untuk Anda yang belum paham apa saja fungsi blog bagi sebuah website toko online atau e-commerce, baca saja sajian Jurnalweb kali ini hingga selesai.

Blog adalah alat pemasaran konten yang mumpuni untuk e-commerce

Blog bisa menjadi alat untuk pemasaran konten yang mumpuni bagi toko online, singkatnya konten yang biasa ada disebuah blog seperti artikel, video, infografis, podcast dan lainnya bisa dimanfaatkan untuk menarik pengunjung dan juga bisa untuk memperkenalkan barang dagangan. Konten merupakan alat pemasaran yang paling efektif.

Blog sebagai pembuka jalan masuk pengunjung

Postingan di blog bisa menjadi halaman tambahan bagi website Anda, semakin banyak memiliki halaman yang berkualitas maka semakin bagus website tersebut, pengunjung pun akan semakin ramai. Jadi, berapa banyak halaman yang cukup untuk itu? Penelitian yang dilakukan HubSpot bisa menjadi petunjuk. Menurut mereka, website e-commerce yang memiliki 400 halaman mendapatkan 6 kali lebih tertuju dibanding dengan pesaing mereka yang hanya memiliki kurang dari 100 halaman. Jadi dengan adanya postingan-postingan di blog maka angka sebanyak itu bisa tercapai, meskipun toko online Anda hanya memiliki sedikit produk.

– Baca juga: 5 Cara Optimasi SEO Toko Online / Website e-commerce

Blog meningkatkan ranking SEO website e-commerce

Sebagai pemilik bisnis pastinya Anda ingin website Anda memiliki peringkat yang tinggi di mesin pencari, karena mesin pencari adalah salah satu pintu masuk utama yang paling diharapkan oleh para pemilik website.

Robot Google akan memonitor sebuah website secara teratur dan apa yang mereka sangat inginkan dari website Anda yaitu konten yang baru dan relevan. Google akan menaruh website yang sering di update lebih tinggi posisinya dibandingkan dengan website yang jarang update.

Jika anda memiliki produk “baju kemeja putih untuk cowok”, lalu ditunjang dengan menuliskan sebuah postingan tentang “bagaimana cara mencuci baju kemeja putih agar tidak kusam” atau “bagaiman memilih kemeja cowok yang benar”, maka hal itu tentu sangat menunjang produk, Anda bisa mengaitkan postingan blog dengan produk yang Anda jual, dan itu akan membuat website Anda semakin relevan dimata Google.

Blog bisa menghasilkan link tambahan bagi toko online Anda

Hal lain yang cukup penting bagi mesin pencari adalah kuantitas dan kualitas link, baik internal link maupun eksternal link. Saat menulis di blog maka Anda akan dengan mudah menambahkan link ke produk terkait yang Anda jual. Ini akan membantu dalam membimbing pengunjung untuk membeli.

Backlink adalah sesuatu yang signifikan, berupaya agar mendapatkan link dari website lain adalah hal utama yang jadi fokus para spesialis SEO. Dengan blog Anda bisa dengan mudah mendapatkan link menuju produk Anda, dan link tersebutlah yang akan memperkuat halaman detail produk Anda tersebut di hasil pencarian.

Blog bisa membangun kepercayaan

Orang ingin melihat organisasi nyata yang ada dibalik sebuah website. Penuhilah kebutuhan tersebut, tidak ada orang yang suka membeli dari toko online yang tidak memiliki nama (terkesan fiktif).

Sebuah blog memungkinkan Anda untuk membuat konten yng akan menunjukan keahlian Anda.

– Baca juga: 9 Manfaat Blog Yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Membangun kepercayaan sangat penting untuk mempertahankan pengunjung, bisa membuat orang menjadi pelanggan setia. Menurut sebagian orang, mempertahankan pembeli adalah 5-10 kali lebih murah daripada menemukan yang baru.

Selain itu, menurut penelitian Adobe, pembeli yang kembali lagi tersebut menghasilkan 40% dari pendapatan.

Blog bisa digunakan untuk mendapatkan perhatian lebih

Jika Anda memiliki cerita menarik yang bisa di bagikan, jangan ragu-ragu untuk menuliskan. Tidak hanya pelanggan potensial yang mungkin menikmatinya, namun hal tersebut juga bisa mendapatkan perhatian media. Orang cenderung untuk mencari informasi lebih dalam jika mereka membaca dalam berita.

Jadi apalagi yang Anda tunggu? segeralah buat blog untuk menunjang bisnis Anda, agar pengunjung semakin ramai.