Jika ada pertanyaan, kapan terakhir kali Anda melihat sebuah desain website yang tidak memiliki gambar besar yang memenuhi layar dan dilengkapi dengan tulisan besar diatasnya? Kami yakin hari inipun Anda sudah melihat setidaknya satu website seperti itu.

Setelah itu coba untuk scroll kebawah dan kembali Anda akan disambut dengan sebuah panel lebar yang cukup besar dan memenuhi layar, kali ini dengan warna yang solid dan biasanya memiliki 3 kolom dan didalam setiap kolomnya disertai gambar atau sebuah icon. Mengapa akhir-akhir ini website tampak sama? Hampir setiap website baru saat ini memiliki irama yang sama seperti itu.

desain web sama

Model desain web saat ini (Image: novolume.co.uk)

Hal tersebut sepertinya juga menjadi trend di beberapa marketplace, dimana para penjual theme/template mencoba menjual desain yang sebagian besar bentuknya hampir sama. Para penjual di marketplace biasanya akan cenderung mencoba membuat hal yang sama dengan seseorang yang sudah sukses di marketplace tersebut, hal tersebut pada akhirnya membuat desainnya menjadi mirip dengan desain yang pernah sukses tersebut.

Kesederhanaan mungkin memainkan peran lain disini. Ini adalah bentuk layout yang sangat sederhana untuk desain dan pengembangan. Seseorang tidak perlu menggali lebih jauh dengan beberapa software untuk belajar bagaimana membuat teks rata tengah dan dalam blok warna yang besar seperti itu. Desain seperti itu memang mudah dibuat. Apalagi dengan maraknya framework saat ini.

Baca juga: +100 Daftar Kumpulan Framework HTML & CSS Terbaik

Hal yang sama juga berdampak dalam pengembangan web, desain seperti itu mungkin sangat mudah dan cepat untuk dibuat. Siapapun bisa melakukannya. Namun itu tidak unik.

Dari sisi klien juga biasanya akan berpengaruh, ketika seorang klien melihat sebuah website di internet, mereka akan meminta Anda untuk membuat desain yang seperti itu juga. Mungkin seperti itulah kekuatan trend. Pengembang web dan klien memiliki pandangan yang sama, jadi efeknya adalah setiap website baru yang muncul sekarang ini memiliki rasa yang sama.

hero

web layout (Image: orchid.co.nz)

Apakah Anda bosan dengan tampilan seperti itu? saya sendiri jujur bosan melihatnya. Namun tidak ada yang salah dengan desain seperti itu, itu lumrah, selama informasi yang ingin disampaikan website bisa sampai kepada para pengunjungnya. Semua tidak jadi masalah. Bukankah itu fungsi utama sebuah website? untuk media penyampai informasi.

Namun tetap saja yang sangat disayangkan adalah website sekarang tidak seunik dahulu. Semua orang mungkin boleh mengejek website yang dibuat dengan Flash adalah kuno, namun perlu diingat bahwa website yang dibuat dengan flash biasaya tidak ada yang sama. Mereka cukup unik, hampir semua berbeda.

Contoh web flash theoleg

Contoh web flash theoleg.com

Contoh website flash

Contoh website flash (Image: smashingmagazine.com)

Jadi apa kita harus kembali ke flash? tentu saja tidak. Yang harus dipertanyakan kini adalah hanya soal unik nya sebuah kreativitas seorang desainer, bukan soal teknologinya.

Dengan begitu desain web nantinya akan kembali beragam, dan tidak membosankan lagi.

Desain dulu juga kaya akan sentuhan grafis, Photoshop sangat berperan disana, namun banyak website sekarang tidak dirancang dengan baik seperti dulu. Website sekarang prosesnya sangat mudah, tinggal download framework, buat kolom, lengkapi dengan gambar dan tulisan, lalu selesai..

Sudah jarang website yang dibuat khusus dengan photoshop, jadi tidak ada proses perancangan, tidak perlu slicing disana, tidak ada proses konversi psd ke html. Jadi bisa jadi hal tersebut yang menjadikan website sekarang tampak sama dan kurang memiliki sentuhan seni grafis yang baik dari desainer.