Fitur baru Bootstrap 4 — Framework paling terkenal saat ini Bootstrap berulang tahun ke-4 pada 19 Agustus 2015 kemarin. Dalam momen tersebut, setelah satu tahun melakukan pengembangan, akhirnya mereka merilis versi alpha dari Bootstrap 4. Yeaaay..

 

Bootstrap 4

Bootstrap 4 (Image:iamkevinrhodes.com)

Dalam versi terbaru Bootstrap 4 ini terdapat beberapa hal baru yang perlu Anda ketahui, dan ini mungkin termasuk salah satu perubahan besar dari Bootstrap, walaupun ini masih versi alpha, namun kira-kira seperti inilah perubahan yang terjadi di Bootstrap 4.

1. Beralih dari Less ke Sass.

Bootstrap sekarang di compile dengan lebih cepat dibandingkan sebelumnya, sekarang Bootstrap menggunakan Libsass, dan mereka menyatakan sudah bergabung dengan komunitas besar dari pengembang Sass.

– Baca juga: 10 Framework Terbaik Untuk Sass

2. Peningkatan Sistem Grid

Bootstrap 4 sudah ditambahkan sebuah tingkatan grid baru untuk target perangkat mobile yang lebih baik dan telah merombak secara total semantic mixins nya.

3. Mendukung Flexbox

Bootstrap kini sudah berbeda dengan sebelumnya, mereka telah merubah variabel boolean dan mengkompilasi ulang css untuk hal yang lebih baik karena sekarang sistem grid bootstrap berbasis flexbox.

4. Cards

Cards menjadi komponen baru dari Bootstrap, ini lebih baik dari sebelumnya.

5. Plugin Javascript semuanya ditulis ulang.

Semua plugin javascript ditulis ulang dalam ES6 untuk mendapatkan javascript baru yang lebih baik.

6. Peningkatan fitur auto-placement dari tooltips dan popovers.

7. Tidak lagi support IE8 dan beralih ke unit rem dan em.

Tidak ada cara lain untuk berkembang ke lebih baik jika masih kembali ke CSS hack dan fallback. Semua cara-cara yang dilakukan untuk mensupport IE yang sudah kuno sudah tidak akan dilakukan lagi, namun jika Anda tetap ingin menggunakan IE8, Anda bisa gunakan Bootstrap 3.

8. Pilihan kostumasi baru.

Kini jika Anda ingin melakukan kostumasi seperti menghilangkan rounded corner, maka tinggal update variabel dan lakukan kompilasi ulang, tidak terlalu berbeda dengan sebelumnya, namun dilakukan dengan cara yang lebih baik dan hal tersebut tidak lagi menggunakan banyak file stylesheet, semua diatur dalam variabel Sass.

9. Semua HTML reset dirubah ke modul baru, diberi nama Reboot

10. Dokumentasi lebih baik

Bootstrap sudah menulis ulang semua dokumentasi dalam Markdown dan menambahkan plugin baru untuk mempermudah penggunaan skrip contoh dan potongan kode agar bisa bekerja dengan dokumentasi. Selain itu fitur pencarian juga ditingkatkan.

Dan masih banyak lagi perubahan yang ada di Bootstrap 4, seperti form control, nama class untuk padding dan margin.

Setidaknya ada 1100 commit dan 120.000 baris kode perubahan pada Bootstrap versi 4 sejauh ini.

bootstrap

Penasaran, Anda bisa melihat dokumentasi Bootstrap 4 disini.

Jika ingin bergabung menjadi pengembang Bootstrap Anda bisa coba bermain-main di Github nya Bootstrap 4.

Bootstrap tidak lagi memberikan support untuk versi 2.x, namun untuk versi 3, Bootstrap masih akan memberikan support untuk setiap bug dan perbaikan dokumentasi.

Selain itu Bootstrap kini jualan template juga, mereka mereka meluncurkan sebuah side project, Official Bootstrap Themes.