Framework Bootstrap lebih banyak digunakan Developer, Foundation populer di dunia desain – Ada dua Framework HTML dan CSS yang paling populer saat ini yaitu Bootstrap dan Foundation, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bootstrap dan Foundation juga memiliki basis pengguna dan penggemar masing-masing, namun soal jumlah pengguna dan popularitas, Bootstrap mengungguli Foundation. Hal tersebut salah satunya bisa dilihat dari statistik penggunaan framework yang tercatat di situs Built With, dimana Bootstrap digunakan oleh sekitar 6,484,148 website, sedangkan Foundation hanya 160,532. Lihat data 🔗

bootstrap vs foundation

bootstrap vs foundation (Image: daviddickball.uk)

Lalu apa komentar tim Foundation jika ditanya tentang Boostrap?

Dalam sebuah sesi AMA (Ask Me Anything) dengan tim Zurb Foundation di situs designernews, seorang penanya bernama Surjith SM menanyakan apa pendapat Anda tentang Bootstrap yang cukup populer, dan mengapa orang harus berhenti menggunakan Bootstrap dan bermigrasi ke Foundation?

Pertanyaan tersebut dijawab oleh salah seorang Lead Engineer dari Foundation bernama Kevin Ball. Dalam jawabannya Kevin Ball menekankan bahwa Bootstrap adalah framework yang bagus, dimana seseorang bisa mendapatkan sesuatu yang cukup bagus, namun ketika membuat theme, website yang dibuat dengan Bootstrap akan terlihat sangat mirip dengan Bootstrap itu sendiri. Foundation lebih mendasar “foundational”, dimana Foundation dirancang dengan metode bottom up, yang memungkinkan Anda untuk benar-benar menerapkan identitas visual Anda sendiri dengan Foundation.

Hal tesebut juga yang membuat Bootstrap lebih populer untuk kalangan pengembang (developer), sementara Foundation telah lebih populer di dunia desain, tulis Kevin.

Baca juga: 33 Template Admin Bootstrap Gratis & Responsive

Kevin juga mengungkapkan bawah banyak developer hanya ingin sesuatu yang akan terlihat layak tanpa harus khawatir tentang desain, sedangkan designer menginginkan sesuatu yang membuatnya mudah untuk menerapkan visi mereka.

Kevin juga mengungkapkan kedepannya Foundation juga akan dirancang agar lebih mudah untuk digunakan oleh Developer dengan membuat beberapa fitur tambahan, selain itu Foundation juga sedang mengembangkan kembali Foundation for Apps dengan bantuan Angular 2.

– Baca juga: Daftar Kumpulan Framework HTML & CSS Terbaik — Terlengkap

Melihat jawaban Kevin, Foundation lebih cocok untuk desainer karena dengan menggunakan Foundation maka desainer bisa lebih berkreasi dengan ide-idenya sedangkan developer yang biasanya tidak terlalu memikirkan tentang desain lebih suka menggunakan Bootstrap, theme website yang di desain dengan Bootstrap kemungkinan besarnya akan terlihat sama dengan website Bootstrap lainnya.

Bagaimana menurut Anda? Anda menggunakan framework apa? lebih bagus Bootstrap atau Foundation?