Belajar Cara Menggunakan Vim Editor — Vim atau Vi Improved adalah sebuah teks editor yang sangat powerful yang memungkinkan anda untuk melakukan segala sesuatu hanya menggunakan keyboard, berbekal shortcut.

Dengan Vim anda dapat mengubah teks yang ada di dalam dokumen, memindahkan, menghapus baris, merubah secara otomatis dan masih banyak lagi tanpa harus menggunakan mouse. Vim merupakan source code editor favoritnya para programmer dalam membuat program, kebanyakan mereka yang suka menggunakan Linux biasanya akan menyukai Vim ini. Namun anda juga bisa menyukai editor ini karena vim pun bisa digunakan untuk tugas-tugas editing biasa misalnya seperti sebagai tempat menuangkan ide dalam menulis email yang cukup panjang.

vim editor

tampilan vim editor via Flickr

Namun menggunakan Vim tidak akan langsung mudah untuk anda, karena jika anda sering menggunakan text editor dengan tampilan grafis seperti Notepad atau TextEdit, bahkan SublimeText maka ini akan membuat anda bingung saat menggunakan Vim, namun dengan mempelajari Vim yang agak sulit ini pada akhirnya bisa membuat anda sulit beralih dari Vim, karena banyak yang sudah membuktikan hal tersebut, bahkan mereka sangat cinta kepada Vim sehingga enggan menggunakan editor lain.

Jika anda ingin ikut menikmati bagaimana lezat nya Vim, anda bisa belajar dan mengikuti tutorial di resource yang kami sajikan ini.

1. Vim Genius — permainan gaya flashcard ini untuk membantu Anda mempelajari dasar-dasar Vim. Ada pelajaran yang didedikasikan untuk belajar menggerakan kursor ke kiri, bawah, atas, kanan yang diwakili oleh hurus di keybord yaitu (h, j, k, l) dan untuk menguasai perintah lain seperti menyimpan file dan lainnya.

2. OpenVim — Sebuah tutorial interaktif untuk belajar dasar-dasar Vim. Anda bisa Beralih ke halaman Practice untuk menguji kemampuan Vim anda.

3. Vim Adventures — Sebuah permainan puzzle online untuk belajar dan menghafal perintah atau command Vim. Anda akan bertindak sebagai kursor berkedip dan anda harus melewati labirin dengan menggunakan keyboard Anda. Jika Anda terjebak, Anda dapat selalu ketik :help untuk menemukan petunjuk.

4. Vim Basic Derek Wyatt telah menghasilkan banyak video tutorial (screencasts) yang mengajarkan seputar Vim. Sebuah resource yang bagus bagi pengguna pemula yang lebih suka belajar Vim dengan menonton daripada membaca.

5. Learning Vim — Mike Coutermarsh meliputi bangun dan berjalan, dan akhirnya produktif dengan Vim. PDF dari pembicaraannya bisa dilihat di Speakerdeck.

6. Learn to Love Vim — The Linux Voice magazine telah mengumpulkan video tutorial untuk siapapun yang ingin mempelajari Vim.

7. Vim Tutorial — Dokumentasi resmi dari Vim resmi, yang disertai sebuah tutorial bahwa Anda juga dapat mengakses dari program Vim melalui perintah :vimtutor.

8. Vim – Precision Editing — Drew Neil dari Vimcasts.org akan menuntun Anda menguasai Vim dan mengajari bagaimana text editor ini bisa digunakan dengan optimal tanpa mouse. Anda harus menonton video nya jika anda ingin memiliki alasan dan yakin untuk berpindah ke Vim.

9. A Byte of Vim — Sebuah ebook PDF Gratis yang bisa membantu anda belajar Vim Editor.

10. Vim 101 — Sebuah koleksi tutorial yang mencakup berbagai macam cara menggunakan editor Vim. Anda juga perlu untuk menonton screencast ini agar lebih jelas secara visual.

11. Praktis Vim — Salah satu buku yang Anda butuhkan untuk menguasai Vim.

10. Vim Cheat Sheet — Cetak dokumen ini karena nanti pasti anda akan membutuhkannya.

13. +25 Vim Tutorials, Screencasts, and Resources — Kumpulan tutorial untuk belajar Vim dari Tuts+

14. Linux Config – Vim Tutorial — Koleksi penjelasan vim dan tutorial berupa video yang bisa diikuti

Silahkan anda pilih resource mana yang ingin anda kunjungi terlebih dahulu, kalau anda sanggup silahkan pelajari semua resources tersebut agar semakin mahir menggunakan Editor Vim.

Sampai jumpa di kumpulan resource lainnya hanya di Jurnal Web Indonesia tercinta ini ;)