Posisi duduk yang benar — Masalah kesehatan yang terkadang dialami oleh para geeks, programmer, web desainer, blogger, copywritter atau pekerja kantoran lainnya yang setiap hari akvitasnya selalu duduk didepan meja komputer adalah sakit punggung.

Sakit punggung akibat duduk berjam-jam tersebut lama kelamaan bisa menimbulkan masalah yang lebih serius pada tulang punggung, selain sakit juga bisa membuat tulang punggung menjadi bengkok jika posisi duduknya sering tidak benar. Pastinya keliatan gak oke banget kan kalo seperti itu, jadi ingat postingan terdahulu yang berjudul Kartun Ini Menjelaskan Pentingnya Memiliki Postur Tubuh Yang Bagus.

Tentu kita tidak mau mengalami hal semacam itu, walaupun seorang programmer duduk terus didepan komputer, tapi jika dia berdiri harus tetap terlihat tegap donk. Biar kereeen.

posisi duduk yang benar

Ilustrasi posisi duduk yang benar (Image: Pinterest.com)

Untuk menjaga kesehatan tulang punggung kawan-kawan semua, berikut ini jurnalweb berikan beberapa tips bagaimana posisi duduk yang benar agar kamu tidak mengalami masalah sakit punggung atau perubahan bentuk tulang punggung karena kelamaan duduk.

1. Lakukan selalu duduk tegak dengan posisi punggung lurus serta bahu kebelakang. Sedangkan paha menempel pada dudukan kursi serta pantat harus menyentuh bagian belakang kursi.

2. Pusatkan selalu beban tubuh pada satu titik agar mendapatkan keseimbangan. Upayakan untuk tidak membungkuk.

3. Posisi lutut juga berperan sangat penting disini. Coba tekuk lutut kamu hingga sejajar dengan pinggul, dan selalu usahakan agar tidak menyilangkan kaki. Lurus saja kebawah.

4. Untuk kamu yang bertubuh agak kecil, apabila merasa kursi kerja kamu terlalu tinggi, sebaiknya gunakan pengganjal kaki supaya beban dari tungkai kaki bisa tersalurkan dengan baik. Jangan sampai menggantung, bisa kesemutan dan keram lho.

5. Apabila kamu ingin menulis tanpa meja kerja, maka pastikan posisi kaki tetap sejajar dengan lantai, bisa menggunakan pijakan apabila kamu mau.

6. Posisikan tangan kamu senyaman mungkin ketika duduk diatas meja. Serta pilih kursi yang memiliki sandaran tangan supaya beban pada bahu serta leher sedikit berkurang.

7. Jangan memutar punggung jika ingin mengambil sesuatu yang ada disamping atau dibelakang, namun putarlah keseluruhan tubuh sebagai sebagai satu kesatuan. Memutar sebagian terkadang juga bisa bikin cedera dan terkilir.

8. Lakukan istirahat setiap 30-45 menit dengan cara berdiri dan melakukan peregangan sesaat agar tubuh kembali segar.

peregangan saat kerja

Ilustrasi peregangan (Image: blog.officedesigns.com)

9. Terlalu lama duduk merupakan salah satu faktor penyebab terbentuknya batu ginjal. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air minum yang cukup agar kesehatan kamu terjaga. Disarankan minum air putih yang banyak, sudah tau kan berapa banyak anjuran minum air putih setiap hari? 3 liter sehari, atau sekitar 8 gelas.

– Baca juga: Bahaya Menaruh Smartphone di Saku Celana | Bisa Nyesel Kalau Diabaikan

Semoga dengan tips singkat tersebut para geek, tukang koding, anak desain, atau pekerja kantoran lainnya bisa tetap berpostur tegap dan gagah, tidak bungkuk, tidak sakit pinggang.

Salam jurnalweb.com :)