Cara mengirim email pada tahun 1980an | Berkirim pesan lewat email sudah ada sejak tahun 1980an, dimana saat itu kemampuan email memang belum secanggih sekarang ini. Namun ketika itu email merupakan salah satu teknologi mewah.

Email saat ini sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehar-hari kita. Mengirim email sangat mudah dilakukan, email sudah bisa dikirim dengan berbagai cara, dari smartphone dan bahkan cukup dengan memerintahkan dengan suara. Anak kecil hingga orang tua menggunakan email untuk berbagai keperluan.

Namun tidak seperti itu cara mengirim email pada tahun 1980an, dulu ngirim email singkat saja masih cukup sulit dan prosesnya tidak mudah.

mengirim email pada tahun 1980an

Cara mengirim email pada tahun 1980an (Image: Youtube)

Seperti Jurnalweb.com nukil dari Business Insider pada Selasa (15/3/16), sebuah video yang dibuat atau direkam pada tahun 1984 menampilkan sebuah pertunjukan sederhana yang memperlihatkan dua orang ahli komputer saat itu mencoba mengirim email, disiarkan pada sebuah acara televisi, acara televisi itu sendiri dipandu oleh seorang wanita yang berada di studio televisi.

Anda bisa melihat bagaimana orang yang mengirim email pada tahun 1980an dalam video berjudul “Database” tersebut.

Jadi dulu orang yang ingin mengirim email harus menghubungkan komputernya dengan pesawat telepon rotary (telepon putar) dengan melakukan sebuah panggilan telepon.

– Baca juga: Cara Mengirim Email Dengan PHP

Setelah itu baru internet pada komputer bisa diakses untuk berkirim atau menerima email dari komputer lain. Tentu saja gambaran berkirim email seperti itu agak sedikit berbeda dengan kita sekarang yang bisa menggunakan sinyal internet untuk berkirim email. Walaupun metodenya masih tidak jauh berbeda.

Dalam video tersebut sang pengirim email menggunakan sebuah program komputer bernama Micronet, yaitu sebuah portal internet Gizmodo, versi lama dari AOL.

– Baca juga: Penemu Email dan Simbol ‘@’ Ray Tomlinson Meninggal Dunia

Micronet ketika itu sudah cukup canggih karena sudah memiliki fitur seperti game online, majalah, berita, perpesanan, software yang bisa diunduh serta email tentunya.