Agar Iklan Website AdSense Tidak Terkena AdBlock — Makin hari para blogger semakin kesulitan mengoptimasi websitenya untuk keperluan monetisasi, bukan karena desain dan penempatan iklan yang tidak baik, bukan juga karena niche yang tidak bagus, tapi karena iklan yang dipasang tidak muncul lantaran semakin banyaknya pengunjung website yang menggunakan AdBlock.

AdBlock memang momok tersendiri untuk para blogger, pendapatan bisa sangat berkurang jika makin banyak yang menggunakan.

Illustrasi anti adblock

Illustrasi (Image: altervista.org)

Beberapa waktu lalu Apple juga mengumumkan bahwa perangkat mereka sudah dilengkapi dengan AdBlock, hal tersebut tentu sangat merugikan untuk perusahaan iklan seperti Google AdSense, selain itu publisher juga tentu akan berkurang pendapatannya.

Cara mengatasi

Untuk mengatasi pengunjung yang memblokir iklan, maka website juga perlu untuk mengintal plugin yang bisa mendeteksi pengunjung yang menggunakan addon atau extention yang memblokir iklan.

Beruntung untuk para pengguna WordPress self-hosted, karena tersedia banyak plugin, termasuk plugin yang berfungsi agam mirip seperti sebuah anti AdBlock.

Dengan plugin ini maka pengunjung yang menginstall AdBlock akan mendapatkan pesan yang meminta mereka untuk tetap menampilkan iklan pada halaman website, hal ini tentu sangat menguntungkan untuk para pemilik blog / publisher. Permintaan tersebut tentunya tidak memaksa pengunjung.

simple adblock notice

Anda bisa menginstall Simple Adblock Notice, namun plugin ini hanya bekerja untuk website yang menggunakan Google AdSense, sedangkan untuk yang menggunakan program iklan lainnya tidak bisa.

Plugin ini hanya muncul sekali, dan tidak akan berulang kali muncul, karena jika muncul terus menerus tentu akan membuat pengujung merasa jengkel dan merasa dipaksa.