Mari sedikit memahami dan belajar user experience (UX) — Jika anda sering membaca biografi seseorang atau kronologi sebuah kasus di internet pasti website wikipedia menjadi tujuan utama anda, wikipedia dengan kekayaan kontennya cukup menarik dan memang juara, dengan layout sederhana, banyak teks dan hanya beberapa gambar dalam satu halaman nya memang selalu jadi rujukan semua orang ketika ingin mencari informasi tentang sesuatu hal.

Namun beberapa tahun belakangan ini website sudah banyak berubah, dengan meningkatnya kecepatan internet di berbagai negara serta semakin canggihnya teknologi untuk membuat website dengan munculnya berbagai framework dan plugin javascript, munculnya CSS3 dan HTML5 serta didukung oleh web browser yang makin modern, makin tinggi kemampuannya. Hal ini ternyata sangat bisa dimanfaatkan oleh web developer untuk membuat website lebih menarik dan atraktif. Website sekarang bisa berbuat lebih banyak dibandingkan dulu yang hanya sekedar teks dan foto atau gambar gif yang bergerak-gerak.

Pada kesempatan kali ini kita akan ambil contoh dan sedikit me-review website kronologi pembunuhan mantan presiden Amerika ke-35 yaitu  John F. Kennedy yang dituduhkan kepada Lee Harvey Oswaldhttp://www.kennedyandoswald.com yang dibuat oleh tim dari National Geographic.

Foto, Video, Tipografi & Animasi  — Pada website tersebut terlihat bagaimana web developer bisa membuat website menjadi media yang sangat ampuh untuk menjelaskan sesuatu, bukan sekedar membaca teks, namun pengunjung diberi rasa, website bisa memberikan keterikatan dengan pengunjungnya dengan penggunaan gambar yang baik, video pada momen tertentu saja, typography yang agak kontras dengan background nya sehingga mudah untuk dibaca dan di dukung oleh efek parallax yang membuat website bisa bergoyang kiri kanan dan seolah memanipulasi inputan mouse dimana sedikit scroll saja kita sudah disajikan 1 halaman baru (biasanya sekali scroll kita hanya beralih dari satu baris tulisan ke baris berikutnya), namun dengan bantuan javascript bisa membuat website sekali scroll langsung beralih halaman per halaman.

photo-video-typography-website

Website kronologi pembunuhan Kennedy itu bisa diibaratkan “nasi rames” untuk developernya, paket komplit dimana dengan kekayaan informasinya yang akan disampaikan, developer & designer bisa leluasa bermain-main disana, dan celakanya mereka mampu memanfaatkan itu dengan baik sehingga bisa menciptakan sebuah website yang luar biasa enak untuk dinikmati.

Audio & Vintage — Website Killing Kennedy sangat kaya fitur, pada pembahasan diatas tadi kita sudah bahas mengenai penggunaan gambar, video, typography dan parallax digunakan oleh developer nya pada website tersebut, itu baru sebagian, kalau kita perhatikan disitu kita bisa melihat pemilihan warna yang agak gelap mungkin karena kasus ini penuh misteri, kesan vintage dimunculkan disana karena memang menceritakan masa lalu dan penggunaan audio yang kalau didengar dengan volume sedang maka akan terdengar sangat menarik dan alunannya kadang mengharukan, namun jangan kaget kalau sesekali terdengar suara tembakan, atau bom yang membuat kita seketika menjadi serius ketika berada di halaman tertentu :)

Penggunaan popup untuk konten — Pada website tersebut terlihat sangat minim penggunaan teks, pengunjung disajikan dengan objek-objek gambar yang besar dan terkadang menggunakan potret close-up muka dengan ukuran besar. Teks hanya disajikan dalam kotak untuk kata-kata singkat, namun ada satu yang menarik, dimana sebenarnya website ini teksnya juga banyak namun disembunyikan dan hanya akan ditampilkan ketika kita ketik icon, dimana ketika di klik maka akan muncul popup berisi teks yang kadang disertai gambar atau terkadang video, hm…ternyata itu salah satu trik yang digunakan developer nya untuk menyederhanakan penggunaan teks dan menyuruh gambar menjadi pemandu untuk bercerita lebih banyak.

website popup

Kita bisa lihat penggunaan popup ini bisa membuat pengunjung ikut berinteraksi, bukan sekedar melakukan scroll sambil membaca dan melihat gambar yang kadang bisa membuat mata lelah, namun pengunjung diajak untuk melakukan klik pada icon tertentu untuk memunculkan konten popup, baik berupa teks, foto, video maupun audio.

Navigasi — Selanjutnya bagaimana dengan navigasi? Anda tentu harus sepakat kalau navigasi sangat penting untuk ada pada sebuah website, dan web Killing Kennedy dengan sangat baik menyertakan menu yang berisi chapter-chapter yang ketika di klik akan membawa pengunjung loncat ke chapter tertentu, ini tentu sangat membantu karena website one page parallax biasanya sangat panjang dan kalau lagi-lagi menggunakan scroll up or down untuk menuju pada bagian tertentu pasti akan sangat melelahkan jari dan mata.

website navigation

 

Credit Seakan Mengakhiri Cerita — Jika tadi website sudah mampu bercerita, akhir cerita biasanya ada credit nya, anda pasti pernah menonton film, pada akhir sebuah film selalu ada credit atau ucapan-ucapan terima kasih. Website Killing Kennedy ini juga dilengkapi dengan credit yang dibuat seolah kita baru saja menyaksikan sebuah film karena halaman creditnya mirip dengan yang biasa ada di film-film bioskop atau televisi.

credit page

Speed Website — Website ini bisa dibilang merupakan jenis website one page (satu halaman) yang penuh dengan gambar dan menggunakan efek-efek parallax dan popup yang tentunya membutuhkan javascript yang cukup banyak, namun setelah kami cek dengan Google speed hasilnya cukup membuat salut, terlihat website ini dioptimasi sehingga google memberi penilaian cukup tinggi (85 dari range 1 sampai 100) untuk website ini dan ini tentu sebuah pencapaian yang bagus dan website ini dikategorikan cukup baik soal kecepatan akses, mari kita berikan jempol untuk developernya.

Tampil Baik di Mobile  — Website ini jika dilihat di perangkat mobile juga mampu tampil dengan baik, website sekarang memang perlu untuk bisa dibuka diperangkat selain desktop, hal itu karena penggunaan tablet pc dan smartphone yang semakin hari semakin meningkat jumlahnya. Pihak web developer website Killing Kenny menyarankan pengunjung untuk membuka website dengan posisi layar portrait jika pengunjung menggunakan handphone, tidak percaya? coba anda buktikan saja sendiri.

— jika anda penasaran langsung saja kunjungi website nya http://www.kennedyandoswald.com

Demikian sedikit review tentang website Killing Kennedy dimana developernya bisa memberikan pengunjung pengalaman (User Experience / UX) yang luar biasa mengesankan ketika mengunjungi website tersebut, kami yakin ketika anda melihat website tersebut anda akan mudah untuk teringat dengan website tersebut dikemudian hari, mungkin ketika anda melihat foto  John F. Kennedy di televisi atau ketika ada pembahasan tentang John F. Kennedy di sebuah koran yang sedang anda baca seketika anda akan langsung teringat dengan website tersebut. Pada saat itulah user experience (UX) website tersebut berjalan sukses, anda harus paham bahwa pengalaman itu sulit untuk dilupakan, jadi ciptakan pengalaman (UX) tersebut pada website yang anda buat. Dijamin anda puas, pengunjung senang, klien anda gemas dan segara memikirkan untuk membuat website baru dan bekerja sama lagi dengan anda.

Sampai jumpa di artikel jurnal web berikutnya —

(btw)