Arti dan Makna Logo Kemerdekaan Indonesia ke-70 Tahun — Sudah menjadi kebiasaan bahwa setiap menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia selalu dibuat sebuah logo untuk menandai peringatan tersebut.

Tahun ini pun peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia memiliki sebuah logo khusus, logo berbentuk lingkaran berwarna merah dan ada angka 70 didalam lingkarang tentu sudah sering Anda lihat di berbagai media, logo tersebut juga sudah diresmikan oleh presiden sejak 10 maret 2015 di Tugu Nol Kilometer Kota Sabang, Aceh.

Setiap logo biasanya dibuat dengan maksud tertentu dan memiliki makna tersendiri, logo Indonesia 70 yang dibuat oleh Dentsu Strat pun memiliki makna.

Berikut ringkasan makna logonya, menurut brief yang kami temukan di Internet.

Menurut brief logo tersebut, logo Indonesia 70 dibuat berbeda dibandingkan dengan 3 logo terdahulunya yang dianggap mencerminkan birokrasi pemerintahan Indonesia yang kaku. Pada logo yang baru serta presiden yang juga baru, dibuat logo yang lebih fresh, lebih dinamis dan modern.

  • Logo tersebut dibuat dengan warna merah dan putih yang merepresentasikan bendera Indonesia, merah berarti berani bertindak dan putih adalah kemurnian hati.
    Lingkup merah khas sebagai latar belakang utama mewakili kelangsungan semangat untuk mencapai kemerdekaan sejati.
  • 4 helai sayap dibagian atas angka 7 dan 5 helai sayap pada angka 0 mewakili semangat 45.
  • Warna tulisan putih yang berada di dalam lingkaran merah dimaksudkan untuk mengingatkan bahwa harus selalu ada hati yang bersih dan murni dalam setiap tindakan keberanian.
  • Sedangkan bayangan berwarna merah gelap yang ada dibelakang angka 70 dimaksudkan agar kita selalu belajar dari sejarah untuk lebih maju dan membuat sesuatu yang lebih baik.
  • Pada bagian bawah ada tulisan “Ayo Kerja” adalah sebagai semangat dasar dari peringatan kemerdekaan ke-70 tahun untuk Indonesia yang lebih maju.

Berikut adalah potongan gambar penjelasan dari brief logo kemerdekaan Indonesia ke-70 tahun , yang Jurnalweb.com dapatkan dari laman Desain Grafis Indonesia (DGI).

logo indonesia 70

logo indonesia 70

logo indonesia 70

logo indonesia 70

logo indonesia 70

logo indonesia 70

 

logo indonesia 70

Download brief selengkapnya disini

Pandangan masyarakat pun beragam terkait logo tersebut, ada yang pro dan ada yang kontra. Ada yang menganggap logo tersebut membawa pembaruan dibanding logo-logo terdahulu, desainnya bagus secara artistik dan simpel, namun kritik terhadap logo tersebut juga banyak, ada yang bilang logo tersebut lebih mirip burung unta dibanding burung garuda, logo kurang unik dan bayangan yang digunakan sudah sangat banyak digunakan logo lain, sedangkan penggunaan akronim TH dibelakang angka 70 dianggap lebih kurang tepat karena terkesan terlalu inggris, seperti seventieth bukan 70 tahun. 

Bagaimana menurut anda sendiri tentang logo kemerdekaan Indonesia ke-70 tahun tersebut?