Membuat icon font sendiri ? Kenapa tidak. Teknologi website semakin hari semakin berkembang, jika dulu website hanya menggunakan font standar yang ada di komputer, semakin kesini font yang digunakan pada sebuah website bisa bermacam-macam.

Bahkan ada font berbentuk ikon yang bisa digunakan untuk memudahkan kita dalam penggunaan ikon atau karakter di halaman website.

Terdapat banyak kumpulan ikon font seperti FontAwesome dan Iconic yang dapat digunakan dengan mudah untuk mendesain tampilan antarmuka, namun terkadang ada kalanya kita ingin menggunakan font ikon buatan kita sendiri atau bahkan Anda ingin menggabungkan ikon dari berbagai kumpulan ikon font.

Berita baiknya adalah, ternyata membuat ikon font cukup mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa ikon font generator gratis yang memungkinkan Anda untuk membuat ikon font Anda sendiri.

1. Icon Vault

Icon Vault

Untuk menghasilkan ikon font Anda sendiri dengan Icon Vault, pertama Anda harus men-download paket template mereka. Kemudian ikuti petunjuk yang disertakan dalam paket template. Setelah Anda selesai, upload ikon Anda ke Icon Vault.

– Baca juga: Cara Memilih Font Yang Baik dan Benar

2. IcoMoon App

Aplikasi IcoMoon memungkinkan Anda untuk mengimpor ikon Anda sendiri sama baiknya seperti menyertakan ikon dari deretan ikon IcoMoon dan kumpulan ikon gratis lainnya. Total jumlah ikon yang tersedia dalam aplikasi IcoMoon mencapai ribuan.

3. Fonttello

Fontello

Fonttello menawarkan platform sederhana yang dapat digunakan untuk menghasilkan ikon font buatan Anda sendiri. Untuk membuat huruf ikon font, cukup drag file SVG dari komputer Anda dan letakan mereka di bawah lokasi judul “Custom Icons”. Anda juga dapat menggabungkan ikon dar ikon set gratis dengan memilihnya di Fontello.

– Baca juga: Inilah! Font Paling Populer Di Dunia

4. Pictonic Fontbuilder

Pictonic Fontbuilder memungkinkan Anda untuk memilih dari ikon Pictonic gratis atau berbayar untuk membangun custom ikon Pictonic sendiri. Pictonic memiliki lebih dari 2.700 ikon untuk dipilih, dan 300 diantaranya adalah gratis. Untuk mengakses Pictonic Fontbuilder Anda perlu melakukan registrasi/sign up.

5. Fontastic

Fontastic

Fontastic memungkinkan Anda untuk membuat ikon font Anda sendiri, Anda bisa memiliki ikon dari yang disediakan secara gratis atau mengupload ikon dari file SVG milik Anda sendiri. Setelah Anda sudah siap, pilih tab “Publish”, dimana Anda akan bisa memilih untuk menaruh ikon font Anda di Fontastic Icon Cloud atau mendownload ikon font Anda tersebut. Dibutuhkan pendaftaran untuk mengakses generator ikon font Fontastic.

Tambahan

6. Glyphter

Ketika mengunjungi Glypter, Anda akan melihat kotak berisi karakter yang ada di sebelah kiri. Sebelah kanan disebut rak ikon (icon self), disitulah Anda akan menemukan ikon gratis dan sebuah kolom pencarian. Cara kerjanya hanya tinggal drag & drop ikon yang ingin Anda gunakan dari rak ikon, dalam salah satu kotak di grid. Anda juga dapat mengupload sendiri file ikon SVG milik Anda dengan melakukan klik di grid. Anda dapat memiliki hingga 88 ikon dalam font ikon Anda secara gratis. Jika Anda ingin ikon-ikon lainnya, maka Anda bisa mendaftar untuk memiliki sebuah akun premium.