Aplikasi pendeteksi gempa dan cuaca resmi — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memiliki aplikasi Android yang bisa memperkirakan keadaan cuaca dan gempa bumi. Aplikasi tersebut diberi nama Info Gempa dan Cuaca.

Aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store tersebut memiliki fitur untuk menampilkan informasi yang sama dengan data yang dikeluarkan oleh BMKG pada situsnya. Jadi dengan aplikasi ini pengguna bisa mendapatkan informasi dengan mudah tanpa harus membuka website BMKG.

Ada beberapa jenis informasi yang ditampilkan melalui aplikasi tersebut, diantaranya prakiraan cuaca Indonesia, prakiraan cuaca kabupaten, prakiraan cuaca di dunia, gempa bumi terkini dan gempa bumi yang dirasakan.

Untuk informasi gempa bumi terkini menampilkan data-data berupa informasi tetang potensi tsunami ketika terjadi gempa, keterangan tanggal dan waktu terjadinya gempa, lokasi bahkan kekuatan gempa tersebut.

Aplikasi Gempa dan Cuaca BMKG

Aplikasi Gempa dan Cuaca BMKG

Pantauan Jurnalweb, aplikasi ini telah dipasang hingga 500ribu. Aplikasi ini juga memiliki ukurang yang sangat kecil, yaitu hanya 96 KB. Untuk menjalankannya dibutuhkan minimal Android versi 2.1, begitulah seperti dikutip Google Play Store, Selasa (20/5/2015).