Aplikasi FTP client gratis terbaik untuk upload dan download file website – Mentransfer file dari dan menuju web hosting atau server online yang ada di internet bisa dilakukan dengan mudah jika menggunakan aplikasi FTP client, meskipun hal ini banyak di kritik sebagai orang karena masih ada alternatif yang lebih aman seperti SFTP atau FTPS.

Ketika kita mencari aplikasi FTP terbaik untuk melakukan proses upload dan download file dari dan menuju server, maka kriteria ini yang biasanya kami perhatikan dari sebuah aplikasi FTP client.

  • Mendukung file transfer protocol yang aman: FTP saja tidak aman, terdapat banyak kekurangan, misalnya FTP tidak melakukan enkripsi pada data yang Anda transfer, jadi ketika data dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab saat proses transfer, maka data serta akun username dan password yang digunakan dalam proses tersebut bisa dengan mudah dibaca karena tidak di enkripsi. SFTP yang merupakan SSH File Transfer Protocol adalah alternatif yang lebih aman dan populer, walaupun masih ada alternatif lain.
  • Memiliki GUI: Ada beberapa FTP client yang dibuat dengan baris perintah, tetapi bagi sebagian besar orang, aplikasi FTP client yang memiliki tampilan yang bagus lebih disenangi dan mudah digunakan. Dengan aplikasi FTP yang memiliki GUI terkadang kita tinggal drag & drop file, selain itu bisa berpindah antar direktori dengan mudah. Bahkan bisa membandingkan folder lokal dan server. Jadi GUI sangat penting. Namun, jika Anda pecinta command line sejati, mungkin tidak butuh fitur ini.

Berikut ini beberapa aplikasi FTP client gratis yang patut Anda coba.

1. FileZilla

FileZilla

FileZilla FTP Client menempati urutan pertama pada daftar kita kali ini, admin jurnalweb.com sendiri sangat senang menggunakan aplikasi ini untuk mentransfer file, kelebihannya adalah open source, mampu menangani transmisi simultan (transfer multithreaded), mendukung SFTP dan FTPS (yang merupakan singkatan dari FTP diatas SSL). Selain itu, bisa digunakan pada berbagai sistem operasi ternama

Tersedia untuk Windows, MacOSX maupun Linux.

2. Cyberduck

Cyberduck

Cyberduck dapat menangani berbagai kebutuhan file transfer yang Anda inginkan: SFTP, WebDev, Amazon S3, dan lainnya. Aplikasi ini memiliki tampilan yang minimalis, hal tersebutlah yang membuatnya sangat mudah untuk digunakan.

Tersedia untuk Windows dan MacOSX.

3. FireFTP

FireFTP

FireFTP Ini merupakan add-on Mozilla Firefox yang memiliki fitur FTP/FTPS client namun langsung dari browser Anda. Artinya, aplikasi ini bisa dijalankan selama platform tersebut bisa menjalankan Firefox.

Tersedia untuk Windows, MacOSX maupun Linux.

4. Classic FTP

Classic FTP

Classic FTP adalah FTP client yang gratis untuk penggunaan non-komersial. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sangat sederhana, ini tentu saja menjadi kelebihannya, karena menjadi sangat mudah untuk digunakan. Salah satu fitur menariknya, bisa untuk membandingkan direktori yang bisa membantu untuk melihat perbandingan file yang ada di lokal dan remote server Anda.

Tersedia untuk Windows dan MacOSX.

5. WinSCP

WinSCP

WinSCP merupakan salah satu aplikasi FTP client yang sangat populer, terutama dikalangan pengguna Windows. WinSCP dapat menangani beberapa protokol transfer file (SFTP, SCP, FTP dan WebDev). Aplikasi ini juga memiliki teks editor yang sudah built-in didalamnya untuk memudahkan dalam melakukan perubahan pada file seperti txt, html, js, css, php dan lainnya.

Tersedia untuk Windows

6. Free FTP

Free-FTP

Free FTP seperti namanya adalah aplikasi FTP client gratis yang memungkinkan Anda untuk mengupload file website Anda ke server hosting online. Aplikasi ini dibangun dengan CoffeeCup Software, ini eksklusif untuk Windows. Aplikasi ini memiliki banyak fitur, selain antarmuka yang menarik, bisa juga bekerja untuk berbagai protokol seperti FTP, SFTP, FTPS dan HTTP. Bisa drag & drop juga dalam menangani file.

Tersedia untuk Windows

7. gFTP

gFTP merupakan aplikasi FTP client open source untuk sistem operasi Linux. Memiliki tampilan antarmuka yang menarik sehingga mudah untuk digunakan. Sudah support protokol FTP, FTPS, HTTP, HTTPS, SSH, FSP.

Tersedia untuk Linux

8. ES File Explorer

ES File Explorer adalah aplikasi file manager di Android, namun bisa juga untuk mengelola file di server via FTP. Disamping itu ES file explorer juga sudah mendukung sistem layanan cloud, seperti Dropbox, Google Drive, Sky Drive dan banyak lagi.

Tersedia untuk Android