Aplikasi benchmark untuk menguji performa smartphone Android dan iOS | Apa yang Anda ketahui tentang smartphone Anda selain nama, merek, harga dan fiturnya? Apakah fitur yang digambarkan dalam sebuah smartphone benar-benar berkeja sesuai dengan yang tertera di kemasannya? Semua bisa Anda cek sendiri melalui berbagai aplikasi yang tersedia untuk melakukan pengujian dan benchmark.

Aplikasi pengukur kinerja atau benckmark biasa digunakan untuk memperoleh gambaran mengenai performa sebuah perangkat termasuk smartphone serta tablet, hal-hal yang dicek biasanya mulai dari kecepatan booting, processor, port input-output, RAM hingga kemampuan grafisnya.

Pengujian ini sangat berguna apabila Anda hendak membandingkan satu perangkat dengan perangkat yang lainnya. Melakukan pengujian juga tentunya sangat berguna jika suatu saat Anda hendak membeli perangkat baru.

Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengujian taupun benckmark pada smartphone Anda.

Greekbench 3

Greekbench 3

Greekbench 3

Greekbench 3 adalah aplikasi yang mudah untuk digunakan dan dimengerti serta akurat dalam mengukur performa memori dan prosesor smartphone. Ini merupakan salah satu aplikasi benchmark cross-platform yang memisahkan kinerja single-core dan multi-core yang mensimulasikan kinerja asli. Termasuk stress test, tes yang membantu untuk menentukan stabilistas perangkat dan juga memungkinkan Anda untuk menemukan masalah kecil sebelum menjadi masalah besar nantinya.

Greekbench 3 tersedia untuk Android, iOS, MAC OS X, Windows dan Linux.

AnTuTu Benchmark

AnTuTu Benchmark

AnTuTu Benchmark

AnTuTu Benchmark merupakan salah satu aplikasi benchmark smartphone dan tablet paling populer yang sudah digunakan oleh 10 juta pengguna dari seluruh dunia. AnTuTu Benchmark aplikasi pengujian kinerja yang profesional.

AnTuTu menyediakan test untuk melakukan pengecekan terhadap semua aspek smartphone termasuk kinerja memori, kartu grafis 2D dan 3D, kecepatan baca tulis SD Card, kinerja CPU, dan lainnya. Aplikasi ini juga memberitahukan Anda aplikasi game apa saja yang bisa ditangani oleh smartphone Anda.

Mobile Linpack

Mobile Linpack merupakan aplikasi benckmark populer lain setelah AnTuTu. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengetahui kinerja sistem. Tujuan dari Linpack adalah untuk mengukur jumlah operasi floating point per detik dan memecahkan sistem persamaan linier untuk mengetahui kinerjanya.

Mobile Linpack memungkinkan Anda mempercepat pengujian smartphone Anda dan ROM. Anda juga dapat dengan mudah mengetahui bagaimana smartphone Anda bekerja dibanding smartphone lainnya. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk menguji prosesor multi-core dengan menggunakan multi-threading.

Vellamo Mobile Benchmark

Vellamo Mobile Benchmark

Vellamo Mobile Benchmark

Vellamo Mobile Benchmark merupakan aplikasi pengujian sistem yang mudah digunakan, serta akurat untuk menguji smartphone. Aplikasi ini sangat mudah dipahami dengan memberikan Anda mengenai kinerja yang tepat dari smartphone dan juga memungkinkan Anda untuk membandingkan dengan perangkat lain sehingga Anda dapat mencari tahu mana perangkat yang lebih baik.

Vellamo juga memiliki bagian pengujina lainnya, dimana dia bisa mengevaluasi kinerja mobile web browser.

3DMark

3DMark adalah aplikasi benchmark cross-platform dan sangat profesional dalam melakukan pengujian. Aplikasi ini menggunakan uji dua grafis untuk mengetahui kinerja GPU dari perangkat Anda dan uji fisik untuk mengetahui tingkat stres kinerja CPU (stress test).

3DMark juga termasuk menguji baterai dan memberi tahu Anda berapa lama perangkat Anda dapat bertahan.

GFXBench GL Benchmark

GFXBench GL Benchmark termasuk aplikasi benchmark populer yang merupakan hasil rancangan Kishonti. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk mengukur kinerja pengolahan grafis 3D dari sebuah perangkat atau gadget.

Quadrant Standard Edition

Quadrant Standard Edition

Quadrant Standard Edition

Quadrant Standard Edition adalah aplikasi benchmark untuk CPU, I/O dan grafis 3D.

Aplikasi ini sudah tersedia sejak dulu dan menjadi software benckmark standar untuk Android.

Nenamark2

Nenamark2 adalah aplikasi benchmark grafis berbasis Open-GL ES 2.0 untuk perangkat-perangkat mobile kelas atas yang dapat menguji kinerja unit pengolah grafis (GPU).

Dengan aplikasi benchmark ini, Anda bisa melihat seberapa mulus jalannya sebuah game pada perangkat Anda. Hasil pengukuran dijabarkan dalam satuan frame per detik (FPS). Semakin tinggi angkanya, semakin mulus game bisa berjalan pada perangakat Anda.

SpeedTest

Anda yang biasa membuat website ataupun sekedar berselancar di Internet tentu sudah tidak asing lagi dengan situs speedtest.net yang memungkinkan siapa saja untuk menguji kecepatan jaringan.

Aplikasi SpeedTest ini juga tersedia di play store dan apple store sehingga Anda dapat langsung melihat keterangan ping dan kecepatan download maupun upload pada jaringan WiFi dan koneksi 3G/4G Anda. Speedtest akan menghubungkan perangkat ke server terdekat untuk melakukan pengukuran.


Download versi iOS

Selain untuk Android, Anda bisa mendownload semua aplikasi diatas pada perangkat iOS seperti iPhone, silahkan kunjungi dihalaman berikut