Aplikasi Android Untuk Sembunyikan Foto dan Video Pribadi  Smartphone sejatinya adalah barang pribadi Anda, namun ada saja momen dimana seseorang meminjam smartphone anda. Walaupun itu hanya untuk sementara, namun hal tersebut bisa menggangu privasi Anda, termasuk soal foto pribadi Anda yang ada di gallery.

Foto yang bersifat rahasia dan pribadi tentu saja harus bisa dijaga dengan baik agar tidak diketahui oleh orang lain. Untuk itu, beberapa developer memberikan beberapa solusi untuk menyembunyikan foto-foto tersebut dari orang yang tidak berhak mengaksesnya.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi untuk menyembunyikan foto pribadi Anda di smartphone Android.

1. HidePhoto

DoMobile mengembangkan aplikasi HidePhoto ini sehingga saat ini memiliki banyak pengguna. Banyak dari pengguna tersebut yang memberikan review dan merekomendasikan Anda untuk menggunakannya. Simpel dan mudah digunakan adalah salah satu kelebihan aplikasi ini. Anda hanya perlu memilih foto untuk selanjutnya dimasukan ke folder khusus, lalu setelah itu kunci. Ketika ingin mengakses folder tersebut nantinya akan diminta untuk memasukan PIN dengan benar sesuai yang diatur sebelumnya. Selain foto, video juga bisa disimpan di folder tersebut.

aplikasi menyembunyikan foto folder

Selain itu, Anda pun bisa menyembunyikan icon aplikasi tersebut dari menu utama dan bisa mengaksesnya dengan cara memasukan nomor rahasia pada smartphone Anda.

– Baca juga: 8 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik

2. Gallery Vault

Selain HidePhoto ada aplikasi Gallery Vault yang bisa Anda jadikan alternatif. Keunggulan aplikasi ini yaitu bisa membuat folder khusus didalam SD Card, namun fitur tersebut dapat digunakan untuk perangkat Android versi 4.4 keatas. Mirip dengan HidePhoto, Anda pun bisa menyimpan berbagai foto pribadi ke dalam sebuah folder khusus yang dapat dikunci agar orang lain tidak bisa membukanya. Menu aplikasi juga bisa disembunyikan dari layar utama dan dapat diakses melalui dial pad, asik bukan?

3. File Hide Expert

File hide expert mampu untuk menyembunyikan berbagai file pada smartphone Android yang anda miliki, mulai dari video, foto, hingga dokumen PDF pun bisa. Semua disimpan dalam folder khusus yang tentunya dilindungi dengan sebuah password. Kelebihan lain aplikasi ini adalah pada tingkat kompatibilitasnya yang bisa dijalankan walaupun hanya di Android versi 2.2.