Aplikasi Android yang paling populer dan sudah di download lebih dari 1 miliar kali | Google sebagai pembuat sistem operasi mobile Android memiliki pengguna yang sangat banyak, banyaknya pengguna Android saat ini tentu karena mereka memiliki layanan yang mumpuni.

Play Store merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh Google untuk para pengguna Android, disana terdapat jutaan aplikasi dari berbagai kategori yang bisa digunakan oleh para pengguna.

Sejak pertama di rilis pada tahun 2008, Play Store yang dulunya bernama Android Market memang membolehkan siapa saja untuk menaruh dan mendownload aplikasi yang ada disana, bahkan bisa dimanfaatkan untuk berjualan oleh para developer.

Dari sekian banyak aplikasi yang terdapat disana, dan selama 8 tahun berjalan, ternyata sudah ada beberapa aplikasi yang telah di unduh hingga 1 miliar kali atau lebih oleh para pengguna.

aplikasi android

Aplikasi Android (Image: student-marketmeasure.com)

Gmail merupakan aplikasi pertama yang bisa mencapai angka tersebut pada awal Mei 2014. Pada bulan yang sama Google Maps mengikuti jejak Gmail. Kemudian Youtube sebagai tempat platform video nomor satu yang diakuisisi oleh Google pada tahun 2006 mendapatkan angka 1 miliar di Android pada bulan Juli 2014.

Facebook setelah itu berhasil mendobrak dominasi Google sebagai penguasa toko aplikasi miliknya sendiri. Facebook saat ini memiliki pengguna lebih dari 1 miliar, jejaring sosial nomor satu milik Mark Zuckerberg ini berhasil menembus daftar aplikasi Android yang paling banyak di unduh pada September 2014 silam.

Pada tahun 2014 juta aplikasi Google Search ikut bergabung dengan 5 besar aplikasi yang paling banyak di download, karena mereka juga mencapai angka 1 miliar download di Play Store.

Kalau dilihat, 4 dari 5 aplikasi tersebut adalah milik Google, terlihat sekali bagaimana dominannya Google di dunia aplikasi Android. Tidak mengherankan memang, karena mereka yang memiliki sistem operasi Android, dan aplikasi mereka juga masuk dalam aplikasi bawaan ketika seseorang membeli sebuah smartphone.

– Baca juga: Aplikasi Bawaan Google Akan Dikurangi Smartphone Android

Sebagai tambahan informasi, pengguna Android sepanjang tahun 2015 sudah mencapai lebih dari 1,4 miliar. Patut salut juga dengan Facebook yang memiliki pengguna lebih dari 1 miliar saat ini.