4 Alat untuk mengecek performa dan waktu loading web versi mobile – Tahun 2015 adalah tahun nya website & aplikasi mobile nan responsive. Dua tahun belakangan mungkin adalah proses pembuatan website responsive, boleh dibilang itu adalah masa pengenalan website responsive dan orang-orang sudah mulai migrasi dan peduli dengan tampilan mobile web dari websitenya. Maka tahun ini adalah waktunya untuk mengoptimalkan website mobile tersebut.

Khusus untuk aplikasi mobile, ada peralatan-peralatan khsusus yang digunakan untuk melakukan pengecekan performa, ada website khusus yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah website anda sudah memiliki performa yang bagus atau belum jika dibuka di perangkat mobile, seperti ponsel, tablet, serta perangkat dengan layar mini lain nya.

Dua tahun terakhir pengguna mobile sangat banyak, kami sendiri pun sering kali menggunakan perangkat mobile ketika membuka sebuah website, namun kendalanya adalah beberapa website terasa lambat ketika dibuka di mobile dan hal ini terkadang membuat kita jengkel yang akhirnya membuat kita ingin sesegera mungkin menutup browser dan menginggalkan website tersebut. Oleh karena itulah performa atau kecepatan website harus diperhatikan juga.

Berikut ini kami sampaikan beberapa website yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengecekan pada kecepatan website anda di perangkat mobile

1. GTMetrix

GXmetrik menyediakan tools untuk pengujian loading situs mobile pada perangkat Android. Untuk mencoba ini, Anda perlu membuat account gratis disitus mereka dan dari dashboard anda dapat memilih “Chrome (Android, Galaxy Nexus)” dan lakukan pengujian. Saat ini fitur ini masih versi beta dan hanya untuk perangkat Android.

GXMetric

Jika website anda memiliki desain responsive atau memiliki versi mobile anda dapat memeriksa kecepatan dengan (3G atau 2G).

Cek GXMetrix disini

2. Google Page Speed Insights:

Ini adalah alat resmi yang dimiliki oleh Google dan tidak hanya menguji waktu loading dari situs mobile anda, namun merupakan alat untuk menguji kinerja website anda secara keseluruhan. Mereka akan menganalisa, memberi penilaian dan akan memberiakan saran-saran untuk website meningkatkan performa website anda, baik untuk desktop maupun mobile.

Anda bisa mencoba Google Page Speed Insights disini

Baca Juga: Cara Mengetahui Informasi Lengkap Dari Sebuah Website

3. Google Mobile Friendly Test

Alat resmi dari google yang satu ini bisa anda gunakan untuk mengecek apakah website anda sudah mobile-friendly atau belum, ini sangat berguna karena jika anda melakukan pencarian di google melalui perangkat mobile maka sekarang google memberikan informasi apakah website tersebut mobile-friendly atau tidak.

Google Mobile-Frienly Test

Anda bisa mencoba Google Mobile-Friendly Test Disini

Baca Juga:

4. Google Chrome Developer Tool

Anda juga bisa melakukan pengecekan performa website anda hanya dengan browser Google Chrome, dimana anda bisa mengecek bagaimana tampilan website anda pada ukuran layar tertentu, disana juga disediakan simulasi performa kecepatan website jika anda mengakses website dari jaringan 3G, Edge, WiFi, dll.

Chrome Developer Tools

Anda bisa mencoba Chrome Developer Tools dari menu yang ada dibagian kanan (menu settings) –> More Tools –> Developer Tool

Itulah beberapa alat dan cara yang bisa kami rekomendasikan, semoga setelah membaca tulisan ini kita semua terpacu untuk meningkatkan performa website versi mobile agar pengunjung tidak jengkal dan meninggalkan website yang sudah kita buat.

Sampai jumpa di Jurnal Web Indonesia berikutnya