Alat membuat website untuk developer modern — Web development adalah bidang karir yang paling hot pada dekade ini. Teknologi web adalah bahasa yang berkembang setiap hari. Pengembangan web sudah bukan sekedar belajar HTML dan CSS saja. Ini adalah bidang yang berkembang secara eksponensial. Terdapat banyak alat keren yang membuat proses pembuatan website menjadi lebih sederhana.

alat untuk membuat wesite modern

Alat Untuk Membuat Website (imate:designermag.org)

Pada kesempatan kali ini Jurnal Web telah membuat beberapa daftar hal penting dalam proses pengembangan web modern saat ini yang layak untuk Anda pelajari, kita tidak akan membicarakan framework seperti twitter bootstrap atau foundation, namun lebih dari itu, yaitu alat-alat yang bahkan digunakan untuk membuat framework tersebut.

1. CSS Pre-Processor

CSS sekarang sudah semakin berkembang, perkembangan tersebut sangat memudahkan front-end developer dalam menyelesaikan pekerjaannya. Sekarang Anda bisa menulis kode CSS dalam beberapa file yang nantinya ketika di compile akan menyatu menjadi satu file saja dan bahkan bisa dibuat agar terkompres. Semua berkat pre-processor. Selain itu dengan cara tersebut menulis CSS menjadi lebih menarik, dimana pengguna bisa menuliskan variabel, fungsi dan kemampuan lain yang membuat kita seolah sedang menulis kode untuk back-end padahal itu front-end. Anda bisa coba LESS, Stylus, Myth atau Sass untuk melakukan pre-processor. Framework seperti bootstrap juga dibuat dengan LESS dan belakangan ada juga versi Sass nya.

2. Template Engine

Membuat HTML front-end untuk situs web sekarang ini cukup simpel. Anda dapat menggunakan beberapa halaman HTML dan menciptakan sebuah portal web untuk sebuah situs web. Sebagian besar halaman web memiliki komponen yang sangat generik seperti Header, Sidebar dan Footer. Template engine membantu Anda mengedit beberapa halaman sekaligus. Anda tidak perlu melakukan banyak pekerjaan manual ketika mengedit komponen di halaman. Anda bisa gunakan Kit, Jade dan Handlebars. Template engine telah menghilangkan sedikit ‘rasa sakit’ dalam membangun website statis.

3. Task Runner

grunt javascript task runner

Grunt javascript task runner (Image:html5gameblog.com)

Task Runner adalah proses untuk membangun konten yang berulang pada website. Task Runners mengotomatisasi sejumlah proses seperti minifikasi, kompilasi, testing unit, linting, penggabungan file dan refresh browser otomatis. Hal ini sangat mudah untuk mengotomatisasi tugas-tugas tertentu dengan menggunakan Task Runner. Anda dapat memanfaatkan fitur dalam Task Runner untuk mengkompilasi file LESS di CSS. Task Runner membantu dalam merampingkan alur kerja. Anda bisa gunakan Grunt dan Gulp untuk hal tersebut.

4. Synchronised Testing Tool

Pengujian yang disinkronkan adalah proses yang tidak dapat dihindari dalam membangun situs web yang mobile-friendly. Alat-alat ini membantu Anda menguji website yang Anda buat pada beberapa perangkat. Alat ini memungkinkan Anda untuk menguji halaman web Anda pada format yang berbeda secara langsung. Hal ini juga menguji fitur situs web Anda seperti scrolling, klik, zoom-in di semua perangkat. Anda dapat menggunakan plugin populer seperti BrowserSync dan Ghostlab untuk pengujian yang disinkronisasi.

5. Development Toolkit

Development Toolkit adalah one-stop shop untuk semua alat pengembangan web. Ini terdiri dari sejumlah alat dalam satu aplikasi. Kami merekomendasikan Codekit karena disitu sudah bisa menggunakan LESS, Saas, Kit, Jade, Siml, uglify, Bower dan beberapa fitur penting lainnya. Namun, Codekit tersedia secara eksklusif untuk Mac OS X, Anda bisa gunakan Prepros untuk Windows dan aplikasi Koala untuk pengguna Linux.

6. Versioning Control

Git Logo

Git Logo

Anda tentu pernah melihat sebuah perangkat lunak memiliki versi-versi tertentu bukan? ada versi 1.0, versi 1.0.5 dan versi 2.0 beta, dan lain sebagainya. Hal tersebut sebenarnya adalah penamaan yang diberikan oleh developer untuk mempermudah mereka dalam melakukan pengembangan, biasanya dibutuhkan software pengontrol versi seperti Git, SVN, Mercurial untuk melakukan hal tersebut. Anda bisa coba Github, atau Bitbucket. Untuk softwarenya sendiri Github sudah menyediakan Aplikasi Github, atau anda juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti SourceTree yang tersedia untuk Windows bahkan Mac OSX.

Itulah beberapa alat untuk membuat website modern yang perlu untuk Anda coba dan pelajari sekarang juga agar website Anda semakin canggih dan skil anda bisa menyesuaikan perkembangan dunia web.