Mengetahui perubahan dari sebuah website tentu ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan. Bila anda menyukai konten dari sebuah website, tentu anda ingin mengetahui apa saja perubahan yang dilakukan atau perubahan yang terjadi pada website tersebut.

Contoh lain yaitu jika anda ingin membeli suatu barang pada sebuah website, namun uang anda belum cukup dan baru bisa membelinya 3 hari lagi, karena anda baru akan gajian 3 hari lagi. Nah tentunya anda selalu memantau barang terebut, memantau halaman produk tersebut, apakah masih ada atau tidak.

Artikel Terkait

Ada banyak cara untuk memantau perubahan-perubahan yang terjadi pada sebuah website, berikut ini beberapa tools dan website yang bisa membantu anda untuk memantau perubahan pada sebuah website.

1. VisualPing

VisualPing mudah digunakan dan tidak memerlukan pendaftaran. Yang harus Anda lakukan adalah pergi menuju situs, ketik situs yang ingin dilacak dan memberikan email karena mereka dapat mengirimkan notifikasi juga. Pemberitahuan ini dapat diatur untuk dikirim per jam, harian, mingguan atau bulanan.

visualping

Ada juga pilihan pemicu untuk mendapatkan pemberitahuan perubahan kecil, menengah atau besar. Bersarkan pengaturan anda, VisualPing akan mengirimkan dua gambar – sebelum dan sesudah – untuk menunjukan bagaimana situs yang adan lacak telah berubah.

2. Versionista

Versionista memerlukan akun untuk memulai memantau halaman web. Setelah Anda menambahkan halaman yang ingin anda pantau, itu akan memindai halaman dalam website. Anda dapat menonaktifkan bahwa jika anda hanya ingin fokus pada satu halaman atau halaman home dengan cara menghilangkan ceklis pada “Look for more URLs”.

versionista

Halaman yang anda monitor diperiksa secara otomatis, sekali sehari, jika tidak, anda dapat mengakses Versionista untuk memerika secara manual. Jika perubahan ditemukan, Anda dapat membandingkan dengan versi sebelum nya, sampai empat versi yang anda dapat simpan sebelum ditimpa dengan data baru.

3. Follow That Page

Website ini memungkinkan anda untuk memantau sebuah website, cara pemantauan yang dilakukan ini juga sangat sederhana dan tidak akan membuat anda bingung, anda dapat mengatur freekuensi pemeriksaan hingga 20 halaman setiap hari atau setiap jam hanya 1 halaman. Untuk memerika lebih dari 1 website dalam 1 hari anda harus membayar 20 Euro / tahun.

follow-that-page

Pengaturan juga dapat membantu anda untuk menerima pemberitahuan kesalahan situs seperti ketika bertemu dengan “Halaman Tidak Ditemukan” selama pemeriksaan.

4. Page Monitor (Chrome)

Page Monitor adalah ekstensi Chrome yang akan memantau halaman yang anda inginkan, dan memberitahu anda tentang perubahan ke website. Tombol Page Monitor pada akhir address bar Chrome anda akan memiliki nomor di atasnya untuk menandakan bahwa ada notifikasi baru.

page monitor

5. AlertBox (Firefox)

Untuk pengguna Firefox, ada add-on serupa yang disebut AlertBox. Setelah menginstall AlertBox, pergi ke situs yang ingin anda pantau dan klik pada tombol AlertBox yang ada di akhir address bar Firefox anda. Dengan AlertBox anda dapat memilih bidang tertentu untuk melakukan pemantauan, dengan cara memilih dengan mouse anda.

alertbox

Itulah beberapa website yang bisa anda gunakan untuk memantau atau memonitor sebuah website, semoga berguna untuk anda,