Alasan kenapa Facebook tidak ada tombol dislike | Facebook sangat terkenal dengan tombol ‘Like’ nya yang menandakan bahwa kita menyukai apa yang ditulis oleh seseorang di Facebook, namun kenapa tidak ada tombol ‘dislike’ untuk postingan yang tidak kita sukai?

Hm…silahkan lanjut baca agar Anda mengerti.

Facebook baru-baru ini secara resmi memperkenalkan fitur baru berupa emoji yang diberi nama “Reactions”. Munculnya fitur ini dimaksudkan untuk memberikan banyak pilihan tanggapan selain “like”.

facebook reactions

Facebook reactions (Image: techinsider.io)

Akan tetapi, kehadiran fitur baru ini ternyata tidak dibarengi dengan munculnya tombol “dislike”, padahal banyak orang beranggapan bahwa tombol ‘dislike’ tersebut akan hadir satu paket dalam fitur Reactions.

Berikut alasan mengapa Facebook tidak membuat tombol dislike.

Menurut Sammi Krug yang merupakan Product Manager Facebook Reaction, Facebook memutuskan untuk tidak membuat tombol dislike karena pilihan menyukai ataupun tidak menyukai sebuah postingan di Facebook terlalu sederhana. Lalu dengan alasan tersebut juga akhirnya Facebook mengembangkan fitur Reactions.

facebook dislike button

Ilustrasi Tombol Dislike (Image: techinsider.io)

“Opsi Dislike menurut Mark (Zuckerberg) serta tim tidaklah terasa begitu berpasangan dengan Like,” kata Krug seperti dikutip dari Tech Insider, Kamis (25/2/2016). Disamping itu, pilihan Dislike itu sendiri dirasa tidak mencakup semua konten yang terdapat di Facebook.

Fitur Reactions ini memang sudah sejak lama dikembangkan oleh Facebook sebelum akhirnya diluncurkan secara luas baru-baru ini.

Selain itu salah satu alasan dibuatnya Reactions adalah karena Facebook merasa tombol “Like” tidak cukup untuk menggambarkan tanggapan atau pendapat serta ekspresi seseorang tentang sebuah peristiwa.

Apalagi jika postingan peristiwa yang diposting di Facebook tersebut adalah peristiwa yang menyedihkan, seperti tragedi, bencana atau lainnya. Konten seperti itu tentu tidak bisa ditanggapi hanya dengan sebuah tombol Like saja.

Maka dengan itu muncul fitur baru Reaction untuk memberikan pilihan pada pengguna untuk menanggapi sebuah postingan.

Meskipun tidak jadi menghadirkan tombol Dislike, CEO Facebook, Mark Zuckerberg sebelumnya sempat mengungkapkan rencananya untuk menghadirkan fitur tersebut di Facebook.

Saat itu, Mark beralasan ingin memberikan banyak pilihan tanggapan lain untuk para pengguna yang merasa tidak cukup hanya dengan menggunakan tombol Like saja.

Tapi, sayangnya rencananya itu ternyata kurang mendapatkan sambutan baik dari beberapa pihak yang memang berkecimpung di bidang internet. Menurut beberapa orang analis, munculnya tombol ini malah dapat memicu kericuhan di dunia maya.