Google Adsense program iklan terbaik untuk blog — Salah satu cara untuk menghasilkan uang dari aktivitas blogging adalah dengan memasang iklan di blog kesayangan Anda tersebut. Ada banyak pilihan jaringan iklan yang tersedia, seperti Google Adsense, Chitika, VigLink, Infolink. Bahkan yang dari Indonesia juga ada seperti KlikSaya.

Untuk kebaikan blog yang Anda dibangun, tentu tidak baik mengacaukan blog tersebut dengan memasang banyak iklan dari berbagai program iklan. Oleh sebab itu kita harus memilih yang terbaik dan paling efektif untuk mendatangkan uang melalui blog.

google adsense

Google Adsense (Image: imkindabigdeal.com)

Adsense merupakan produk dari Google yang memungkinkan kita untuk menampilkan iklan kontekstual di blog. Ini salah satu jaringan iklan yang terbaik untuk mendatangkan uang untuk berbagai jenis blog. Telah banyak orang yang berhasil mendatangkan ribuan dollar setiap bulannya dari Google Ansense.

Lalu apa untungnya menggunakan Google Adsense?

Salah satu yang paling penting diingat dari Adsense adalah kenyataan bahwa Adsense ini adalah program dari Google. Semua orang tau kalau Google adalah salah satu perusahan teknologi terbesar saat ini.

Ketika kita berbicara tentang cara menghasilkan uang dari blog, cara paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menulis konten lalu memasang Adsense di blog.

Ketika seseorang melakukan klik pada iklan Adsense yang dipasang di blog Anda, Anda akan mendapatkan uang. Tapi yang perlu diingat adalah Anda tidak boleh melakukan klik pada iklan milik Anda sendiri, karena itu melanggar kebijakan Google. Mereka mengetahui hal tersebut.

– Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Website Blog

Adsense adalah jaringan iklan kontekstual, yang berarti bahwa iklan akan ditempilkan sesuai dengan konten website Anda. Misalnya, jika Anda sering menulis postingan tentang kesehatan, maka kemungkinan besar iklan yang akan muncul di blog Anda adalah iklan dari produk kesehatan, atau bahkan asuransi kesehatan, dan lainnya yang berkaitan dengan kesehatan.

Selain kontekstual, Adsense juga bisa untuk menampilkan iklan dengan menggunakan metode ‘cookies’, yaitu berdasarkan riwayat pencarian pengguna yang biasanya tersimpan di browser atau tercatat di Google apabila login ke Google. Metode ini biasanya menghasilkan uang lebih banyak.

Singkatnya, Adsense akan memastikan bahwa pembaca akan melihat iklan yang ditargetkan, dan dengan demikian Anda akan mendapatkan lebih banyak klik dan bayaran yang lebih tinggi dibanding Anda menggunakan jaringan iklan lainnya.

Mengapa Adsense lebih baik dibanding jaringan iklan lainnya

1. Pengaturan yang mudah

Setelah Anda memiliki akun Adsense yang disetujui, selanjutnya yang perlu Anda lakukan hanya menempatkan kode yang diberikan Adsense ke website Anda, biasanya ditaruh di kode website. Google sudah merancang semuanya agar mudah untuk digunakan.

2. Adsense berarti pengakuan

Adsense adalah salah satu program iklan yang paling diakui dan juga paling terkenal. Namun, Google Adsense tidak menyetujui semua jenis blog, dan mereka sangat mungkin untuk menolak blog yang masih dalam tahap awal, atau baru dibuat yang tentu belum memiliki konten yang cukup bagus menurut AdSense. Google juga akan menolak blog yang tidak sesuai dengan aturan Webmaster mereka.

Setelah Anda berhasil menjalankan iklan Adsense di blog Anda, kemungkinan blog Anda sudah bisa dibilang blog terpercaya. Walaupun pernyataan tersebut tidak pasti benar dalam semua kasus.

3. Satu akun untuk semua website

Pada website iklan lain, Anda perlu menambahkan semua situs Anda secara manual, bisa dibilang satu akun hanya untuk satu situs website. Namun dengan AdSense, apabila Anda sudah memiliki satu akun website yang disetujui, maka satu akun tersebut bisa ditempatkan di website lain yang Anda miliki. Namun tetap harus di perhatikan kualitas dari website tersebut harus sesuai dengan kebijakan Google, jangan dipasang di website yang membahas konten yang terlarang.

4. Support Forum

Tidak seperti program iklan lainnnya, AdSense memiliki berbagai pengiklan dan penerbit. AdSense juga memiliki forum dukungan pengguna, dan Anda akan menemukan banyak sekali tutorial atau panduan tentang cara meningkatkan penghasilan AdSense Anda.

5. Pembayaran

Masalah utama yang akan Anda hadapi dengan perusahaan iklan kecil adalah masalah pembayaran. Meskipun memenuhi batas pembayaran minumum, Anda mungkin saja mengalami kesulitan untuk menerima uang Anda. Bahkan bisa jadi Anda akan menemukan mereka ternyata menipu Anda. AdSense sangat transparan dalam hal pembayaran, dan Anda tidak mungkin untuk menghadapi masalah dalam memperoleh pembayaran Anda jika Anda mengikuti aturan mereka dengan benar.

Jadi tidak diragukan lagi bahwa Google AdSense adalah salah satu program iklan terbaik untuk menghasilkan uang dari blog. Namun, untuk website bisnis Anda sebaiknya tidak menggunakan Adsense. Mungkin Anda perlu baca artikel terdahulu tentang Google Adsense Menguntungkan atau Merugikan?

Ayo mulai sekarang mulai pasang iklan di blog Anda, Anda bisa baca tulisan sebelumnya tentang Cara daftar Google Adsense Indonesia agar mudah diterima.

Untuk Anda yang baru menggunakan AdSense, Google juga menyediakan Extention khusus untuk digunakan di Google Chrome agar mudah dalam memantau pendapatan Anda.

Jika Anda memiliki tanggapan atau saran tentang Google Adsense, Anda bisa tuliskan dibagian komentar yang ada dibagian bawah tulisan ini.