Penyebab kenapa kuota internet cepat habis — Paket data internet biasanya memiliki kuota yang akan aktif selama satu bulan kedepannya, namun terkadang besarnya kuota tersebut bisa habis hanya dalam kurang dari 30 hari, bahkan bisa-bisa hanya beberapa hari.

Dan biasanya ketika kuota habis orang akan mengisi lagi karena kebutuhan internet yang tinggi, baik itu untuk komunikasi, browsing internet atau hiburan lain seperti game online atau musik.

Namun sebenanya ada hal-hal atau kebiasaan yang bisa mempercepat habisnya kuota internet, berikut diantaranya.

1. Upload Video

Dengan adanya fitur kamera canggih pada perangkat mobile membuat penggunanya bisa dengan mudah membuat video dengan kualitas sangat bagus, lalu menguploadnya ke situs seperti Youtube, Instagram, Vine, dll, namun hal tersebut ternyata membuat kuota cepat habis karena ukuran video yang sangat besar.

2. Video Chat

Tidak jauh beda dengan mengupload video ke situs jejaring sosial, melakukan komunikasi dengan video chat baik itu melalui BBM, Skype, dll juga bisa mempercepat habisnya kuota, jadi lakukanlah video chat pada waktu yang penting-penting saja apabila kuota internet Anda terbatas.

video call kuota internet habis

Video Call Bikin Kuota Habis (Image: Tokopedia)

3. Game Online

Game online tentu sangat digemari oleh para pengguna smartphone, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun aplikasi game online ini cukup cepat menghabiskan kuota internet apabila dipakai tanpa kontrol.

Agar game online bisa tetap Anda gunakan tanpa boros layanan data, sebaiknya atur batas maksimal penggunaan layanan data dengan mengelompokan dan berikan kuota 1MB sampai 10MB ketika sedang bermain, hal ini bisa menghemat waktu dan jebolnya kuota.

4. Musik dan Video Streaming

Layanan musik dan video streaming ini juga merupakan aktivitas yang sangat boros kuota. Keasikan menonton video di youtube sepanjang hari bisa membuat kuota 3GB habis dalam beberapa hari saja, apalagi jika video yang ditonton berkualitas HD.

Itulah beberapa hal yang bisa membuat kuota internet bisa capat habis.