Fakta Facebook yang menarik diketahui | Facebook sebagai jejaring sosial nomor satu dunia saat ini tercatat memiliki 1 miliar pengguna aktif. Jumlah pengguna yang miliaran tersebut hanyalah salah satu fakta dari Facabook.

Jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut memiliki banyak sekali fakta menarik lainnya yang perlu juga untuk kita ketahui sebagai tambahan ilmu pengetahuan dan informasi.

fakta facebook mark zuckerberg

Facebook Mark Zuckerberg (Image: forbes.com)

Kesuksesan Mark membangun dan menjalankan Facebook ditengah persaingan dari jejaring sosial lainnya tentu sangat menginspirasi kita semua.

Berikut ini adalah fakta-fakta menarik lainnya dari Facebook yang patut kita ketahui.

1. Indonesia adalah salah satu pasar terbesar Facebook

Indonesia adalah salah satu negara yang paling aktif menggunakan Facebook, berdasarkan data Wikipedia, Indonesia berada di urutan ke-4 dengan jumlah pengguna mencapai 60,3 juta pengguna. Urutan ke-3 Brazil dengan jumlah 70.5 juta pengguna, lalu India 108.9 juta pengguna, dan urutan pertama terbanyak tentu saja Amerika dengan 151,8 juta pengguna.

– Baca juga: 12 Istilah Yang Hanya Dimengerti oleh Karyawan Facebook

2. Amerika sebagai pasar uang utama

Pada kuarter-4 tahun 2013, 754 pengguna harian Facebook datang dari Eropa, Amerika dan Kanada. Di kuarter-4 tahun 2015, daerah tersebut meningkat hingga 39% pengguna harian yang aktif. Eropa dan Amerika Utara adalah kontributor terbesar pendapatan Facebook. Sesuai statistik, 75% dari pendapatan berasal dari Amerika Serikat saja. Facebook telah mendapat 97% dari $5,8 miliar dari periklanan.

3. Rata-rata harga pengguna Facebook

Sesuai laporan pendapatan baru-baru ini, Facebook membuat $3,73 dari setiap anggota di seluruh dunia dari setiap kuartal. Semua pengguna di seluruh dunia tidaklah sama. Seorang pengguna di Amerika atau Kanada bernilai $13,54 setiap kuartalnya. Sementara, pengguna di kawasan Asia Pasifik nilainya hanya $1,59.

4. Film Facebook

The Social Network, film tentang kisah berdisinya Facebook dirilis pada tahun 2010. Film ni telah memenangkan 4 penghargaan Golden Globe, termasuk untuk film dan sutradara terbaik. Film ini juga meraih 3 piala Oscar untuk skenario, serta editan terbaik.

5. Jejaring sosial teratas 2008

Facebook resmi mencopot mahkota jejaring sosial terpopuler dari tangan MySpace pada bulan Juni 2008.

6. Investasi Pertama

Co-Founder PayPal, Peter Thiel menginvestasikan $500.000 pada Facebook. Itu adalah perputaran pertama pendanaan untuk Facebook.

7. Tawaran dari Googel dan Microsoft

Facebook mendapatkan penawaran menarik dari Google dan Microsoft. Namun Facebook menolak tawaran Google dan menjual 1,6% saham ke Microoft seharga $240 juta pada tahun 2007. Facebook menolak tawaran Google atas kekayaan informasi personal yang mereka miliki.

– Baca juga: Sederat Perusahaan Yang Pernah Menawar Ingin Membeli Facebook

8. Tawaran yang gagal untuk Snapchat

Facebook bukan hanya diminati perusahaan lain, namun juga memiliki minat untuk mencaplok perusahaan atau startup lain. Facebook mencoba untuk mendapatkan Snapchat dengan harga $3 miliar pada November 2013. Kemudian, perusahaan membuat tiga akuisisi besar setelahnya yaitu Instagram ($1 miliar), WhatsApp ($19 miliar) dan Oculus VR ($2 miliar).