Mengecilkan ukuran file psd — Bekerja dalam bidang desain biasanya harus berhadapan dengan ukuran file yang besar, Photoshop misalnya, ketika seorang bekerja untuk membuat desain dengan menggunakan Adobe photoshop, tidak jarang file .PSD yang dihasilkan akan memiliki ukuran file yang sangat besar, karena banyak elemen yang digunakan, termasuk foto.

Berikut ini adalah 7 trik untuk mengurangi ukuran file Photoshop agar pekerjaan Anda semakin mudah di upload untuk dikirim ke klien.

mengecilkan ukuran file psd photoshop

1. Taruh layer dengan warna solid di bagian atas. Hal tersebut bisa menghemat setidaknya 46% dari ukuran file.

2. Gunakan Yang Penting Saja. Dengan mengurangi elemen-elemen yang tidak penting, seperti membuang foto yang tidak jadi digunakanan agar tidak menambah jumlah layar tentu bisa mengurangi ukuran file.

3. Gabungkan Layer

Biasanya saat membuat desain kita akan menggunakan banyak sekali layar untuk membentuk suatu elemen, ada baiknya ketika sudah selesai, layer tersebut digabungkan agar tidak terlalu banyak layer yang digunakan.

4. Gunakan Layer Mask

5. Potong layer yang terlalu besar, ada baiknya anda mengecilkan ukuran layar yang tidak terpakai di kanvas agar ukuran layar lebih kecil.

6. Rasterize Smart Objects

Ada baiknya anda melakukan rasterize smart object untuk mengurangi ukuran file. Caranya mudah, cukup klik Layer -> Rasterize -> Smart Object

7. Gunakan Adjustment Layer

Video

Untuk lebih jelasnya anda bisa saksikan video berikut ini