Komponen dan Karakteristik Flat Design  Dipengaruhi oleh desain Swiss (internasional) dan minimalis artistik, flat design menggunakan teknik dari berbagai media dan era dan menariknya semua itu tergabung menjadi satu. Berikut ini adalah lima taknik yang paling dikenali dari karakteristik flat desain.

1. Long shadow

Long shadow atau bayangan yang panjang adalah bagian dari Flat 2.0, long shadow ini menambah kedalaman dan kompleksitas, bayangan ini tidak mengorbankan unsur-unsur minimalis, elemen ini membuat flat design menjadi menarik.

2. Warna yang dinamis

Untuk meningkatkan efek visual yang jarang, flat design mengimplementasikan penggunaan warna yang dinamis, terutama warna-warna cerah. Warna-warna yang memiliki energi kontras dengan satu sama lainnya yang akhirnya menimbulkan warna yang terlihat kusam di halaman web.

helbak flat design

helbak flat design (Image:helbak.com)

Karna masalah warna di flat design ini sangat krusial, website Flat UI Colors mengkoleksi beberapa warna penting yang sering digunakan.

3. Tipografi yang sederhana

Tipografi dalam flat design tetap sederhana dan mudah untuk dibaca, yang biasanya setara dengan sans serif.

4. Ghost Button

ghost button

Ghost button (Image:designcontest.com)

Salah satu elemen paling trendi di dunia web desain akhir-akhir ini adalah penggunaan Ghost Button, yaitu sebuah tombol yang biasanya letaknya sangat strategis dan terlihat seperti kotak yang hanya terlihat bagian pinggirnya saja (border/stroke), sedangkan bagian dalamnya kosong.

5. Minimalis

Flat desain dan minimalis itu bergandengan tangan, berbagi banyak prinsip yang sama seperti kesederhanaan dan desain yang berfokus pada konten.

Meskipun desain minimalis itu terlihat sederhana dan mudah, namun nyatanya cukup sulit untuk menerapkan desain minimalis. Dengan sedikitnya elemen berarti Anda harus menggunakan elemen yang tersedia dengan sangat hati-hati.

Itulah beberapa komponen karakteristik dari flat design yang Jurnalweb.com nukil dari buku Web Design Book of Trends 2015 – 2016 terbitan uxpin.