Bisnis busana muslim menjadi bisnis yang sangat menggiurkan saat ini, apa lagi negara kita Indonesia adalah negara dengan mayoritas masyarakat muslim paling banyak di dunia.

Penduduk Indonesia yang saat ini berjumlah sekitar 250 juta jiwa, menurut antaranews(dot)com jumlah angkatan kerjanya berjumlah 121,2 juta orang, kalau separuh dari angkatan kerja itu wanita dan separuh dari mereka membutuhkan busana muslim, maka sekitar 30 juta wanita muslim menjadi potensi pasar nya. Dengan asumsi yang sama, ada 30 juta pria muslim juga membutuhkan busana pria muslim. Jika ingin pangsa pasar yang lebih luas dan terbuka lagi, ada 1,6 milyar penduduk muslim di dunia. Wow fantastis, sangat menggiurkan bukan?

busana muslim

Berikut ini 4 tips untuk anda yang ingin berbisnis busana muslim:

1. Tekun
Menurut Iva Latifa, ketua Ikatan Perancang Busana Muslim (IPBM), bila telah memilki niat membuat busana muslim, laksanakan niat itu dengan penuh ketekukan.

2. Perluas Jaringan Relasi
Dengan relasi yang luas, peluang mendapatkan pasar akan semakin besar, terutama kalau Anda fokus pada busana muslim yang cusimized, dibuat menurut pesanan.

3. Jangan Menjadi Plagiator
Seorang desainer harus melakukan riset, memahami trend, memahami sendiri teknik trapping-nya, menipulating fabric-nya, lalu menawarkan ke pasar melalui fashion show, iklan, promo-promo, dsb.
Jangan menjadi plagiator
Begitu menurut Niniek Mawardi, seorang desainer busana muslim yang berdomisili di Bandung.

4. Ikuti Trend Yang Ada
Meskipun tidak wajib, tren ini juga menjadi daya tarik sebuah produk, termasuk busana muslim.

Itulah 4 tips sukses berbisnis busana muslim yang kami baca dari majalah ide bisnis, semoga tulisan ini menginspirasi anda yang ingin sukses dalam berbisnis busana muslim.

Nantikan jurnal singkat berikutnya hanya di website kumpulan jurnal seputar web, desain, teknologi, dan bisnis ( jurnalweb.com)

Image source: Viva.co.id