Framework Javascript untuk membuat game online berbasis web dengan HTML5 — Bermain game sudah menjadi salah satu aktivitas rutin seseorang saat ini, banyak orang yang memilih untuk bermain game jika Ada waktu senggang, misalnya saat sedang menunggu kereta atau bus, saat hari libur, dan pada waktu-waktu senggang lainnya.

Jika Anda berjiwa seorang developer, tentu tidak puas jika hanya bermain game, Anda pastinya punya keinginan untuk membuat game Anda sendiri.

Untuk Anda yang ingin mencoba membuat game berbasis web, mungkin Anda perlu berkenalan dengan beberapa framework javascript untuk membuat game Anda sendri.

Berikut adalah beberapa framework untuk membuat game berbasis web.

1. Playground.js

Playground adalah salah satu framework untuk javascript untuk pengembangan game, plugin ini memiliki kemampuan untuk membuat game yang hampir setara dengan apa yang bisa dilakukan oleh Ruby dan Java.

playground

Framework ini menyediakan sebuah organisasi yang dibuat dalam dua metode, yaitu step dan render. Yang pertama adalah loop utama, dan yang kedua untuk mengupdate tampilan/display.

– Baca juga: 100+ Framework HTML dan CSS Terbaik

Sedangkan dari segi fungsi, Playground.js menawarkan support yang sederhana untuk mouse, joysticks. Selain itu juga bisa mengelola suara.

2. Phaser

Framework Phaser didasarkan pada HTML5 dan orang-orang menganggap framework ini lebih baik dibandingkan dengan Playground. Di website nya tersedia juga tutorial tentang bagaimana mengembangkan game dengan framework ini.

phaser

3. Panda.js

Framework ini menawarkan fungsi yang berlevel tinggi seperti manajemen partikel, cahaya, dan beberapa fungsi lain. Namun dokumentasinya agak kurang sehingga ini menjadi hambatan tersendiri untuk orang yang ingin mempelajarinya.

4. Quintus

quintus

Framework ini menurut situsnya adalah framework game yang mudah digunakan, menggunakan Javascript dan HTML5 untuk membuat game mobile maupun desktop.