Tips memilih tempat jualan online (marketplace— Kejelian dalam memilih tempat berjualan online tentu menjadi faktor penting dalam keberhasilan usaha Anda.

Ada begitu banyak website jual beli online yang tersedia di Internet saat ini, untuk Indonesia saja misalnya ada Kaskus, Bukalapak, OLX, Tokopedia, dan lain sebagainya, semuanya bisa memudahkan orang untuk berjualan secara online tanpa harus repot-repot membuat toko online sendiri.

Namun sebelum memulai untuk menggunakan market place tersebut, maka setidaknya Anda harus perhatikan beberapa poin berikut agar Anda tahu persis dimana Anda akan berjualan nantinya.

Pahami latar belakang dan reputasi marketplace

fitur toko online

Toko online (image:blog.azoft.com)

Ada banyak sekali tempat berjualan online (market place online) pada saat ini, namun tidak semua mempunyai latar belajar serta reputasi yang baik. Anda bisa mengetahui informasi ini dengan cara mempelajari sistemnya serta mencari tahu pengalaman dari para pengguna lainnya yang telah lebih dulu dari Anda.

Perhatikan fitur yang dimiliki

fitur online shop

(Image:cdn.elegantthemes.com)

Fitur adalah salah satu hal yang sangat penting untuk Anda ketahui sebelum memulai usaha di marketplace online, keberadaan fitur sangat diperlukan untuk membantu melakukan promosi dan menjual barang Anda. Selain itu, keberadaan fitur tersebut bisa juga dijadikan sebagai salah satu cara membuat toko online yang relatif memudahkan para penjual untuk berjualan di internet. Disamping memudahkan penjual, ada baiknya Anda mencari tahu juga fitur yang disediakan untuk para pembeli, apakah nantinya pembeli akan kerepotan ketika ingin membeli atau tidak. Cari yang paling mudah dan memiliki banyak pengunjung.

Cermati proses hingga terjadi transaksi

tempat jualan online

Jualan Online (Image:wix.com)

Setelah anda memasang / memajang barang dagangan Anda pada sebuah marketplace, selanjutnya adalah terus memantau atau mengontrol hingga terjadi transaksi. Hal tersebut bisa membantu Anda untuk mempelajari dengan baik apakah target pasar yang sedang Anda tuju tercapai melalui website tersebut atau tidak.