Salah kaprah soal jual beli online — Anda tentu sudah sering mendengar tentang menjual produk secara online, dan tentu Anda juga memiliki ide yang bagus tentang apa yang ingin Anda jual.

Anda sudah memili barang-barang digital yang terdaftar disitus jual beli (marketplace) seperti envato atau creative market namun tertarik mengenai semua hal tentang bisnis Anda sendiri.

Dalam postingan kali ini kita akan melihat beberapa kesalahpahaman umum tentang penjualan secara online.

1. Jika membuat sebuah toko online Anda akan dapatkan penjualan dengan mudah

Salah satu kesalahpahaman umum adalah bahwa jika Anda membangun sebuah toko online, produk Anda akan menjual dirinya sendiri, namun kenyataannya tidak mudah, namun sebagian penjual online berfikir demikian.

Bagaimana Anda menemukan sebuah toko online? maka kemungkinan orang lain pun akan demikian untuk menemukan toko online Anda, Anda menemukan sebuah toko di Google, berarti ketika membangun toko online sendiri berarti Anda juga harus bisa membuat toko online Anda bisa ditemukan di Google, dan ini bukan perkara mudah, karena persaingan tentu sangat ketat.

Perlu sebuah strategi pemasaran baik itu dengan sosial media, membangun blog, atau memberi tahu teman-teman Anda sendiri terlebih dahulu.

Jadi produk Anda tidak akan menjual dirinya sendiri, perlu waktu lama untuk memperkenalkan toko online Anda kepada orang lain. Jika modal Anda cukup besar mungkin Anda bisa beriklan di situs seperti Facebook, Twitter atau Google. Bahkan banyak yang menggelontorkan uang tidak sedikit untuk beriklan di televisi.

2. Jika tidak memiliki barang sendiri, berarti tidak bisa memulai toko online.

Tentu saja baik sekali jika Anda memiliki barang Anda sendiri untuk dijual secara online, namun jika Anda tidak memiliki banyak modal untuk membeli barang, maka tentu saja Anda bisa menjadi reseller. Anda bisa mencari vendor yang bisa memberikan barang untuk Anda jual kembali. Atau bisa juga dengan menjualkan barang milik toko lain dan mendapatkan komisi, mendaftar di amazon misalnya.

jual beli online

Jual beli online (Image: picjumbo)

Atau jika Anda ingin menjual produk digital seperti desain logo, brosur, website, dan lainnya, Anda tentu tidak perlu punya toko online sendiri, Anda bisa berjualan di marketplace yang saat ini banyak tersedia.

3. Berjualan secara online itu mahal, tidak akan sanggup

Kesalahan umum lainnya yang sering kita dengar adalah bahwa sangat mahal untuk memulai berjualan secara online. Dulu mungkin seperti itu, namun sekarang semua sudah serba mudah, Anda tidak perlu khawatir tentang hal tersebut.

Ada sejumlah platform yang tersedia dan bisa Anda gunakan, seperti Magento sebagai software tersendiri, atau marketplace seperti Creative market, ataupun toko online yang bisa Anda pakai untuk berjualan seperti Shopify.

Semau pilihan Ada ditangan Anda, semua ada sisi baik dan buruknya, namun kegigihan adalah kuncinya, karena sudah banyak yang berhasil berjualan dengan cara-cara tersebut.