Kegalan & Keberhasilan Microsoft – Microsoft sebagai perusahaan software yang sangat terkenal di dunia telah mengalami banyak kesuksesan dan kegagalan.

Microsoft baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-40 pada tanggal 4 April lalu, perusahaan yang dimulai pada tahun 4 April 1975 oleh seorang Bill Gates yang waktu itu baru berusia 19 tahun dan bersama temannya Paul Allen berhasil merevolusi sejarah komputer dunia.

Sudah empat dekade dan sudah pernah memiliki tiga CEO, namun hingga kini Microsoft masih tetap menjadi raja software dunia, selama kurun waktu 40 tahun tentulah microsoft tidak selalu berhasil, setidaknya ada 3 keberhasilan dan 3 kegagalan dari Mincrosoft, seperti dilansir efytimes.

Kesukesesan 1 : MS-DOS

DOS-prompt

DOS via minuszos.hu

Microsoft merilis MS-DOS pada tahun 1981, perangkat lunak sistem operasi yang diberi nama Microsoft Disk Operating System. OS ini dibuat sebagai respon terhadap IBM ketika mereka mendekati Microsoft dengan proposal proyek bernama “Chess”. Microsoft membuat MS-DOS sebagai pondasi dari sistem operasi komputer.

Sukses 2 : Windows 95

windows 95

Windows 95 via windows.microsoft.com

Microsoft merilis Windows 95 pada bulan Agustus 1995. MS-DOS sudah digunakan oleh 80 persen komputer diseluruh dunia. Versi terbaru pada Windows mambawa sejumlah perbaikan seperti GUI, taskbar, menu Start dan juga menyediakan dukungan untuk support internet. Microsoft menjual lebih dari satu juta copy lisensi dalam satu jam pertama setelah dirilis dan tujuh juta copy di lima mingu pertama.

Sukses 3 : Microsoft Office

microsoft office 2013

Microsoft Office via angelsworld4u.net

iterasi pertama dari Office 1.0 dirilis pada tahun 1990. Isinya Word 1.1, Excel 2.0 dan Powerpoint 2.0. Setiap produk bisa dianggap sukses, namun semakin membuatnya diminati ketika Microsoft mengemas mereka dalam MS Office. Office telah menjadi produk global paling populer dari Microsoft sejak saat itu. MS Office secara global digunakan oleh miliaran pengguna.

Kegagalan 1 : Windows Vista

windows vista

Windows Vista via remotedesktop.co

Windows Vista dianggap banyak orang sebagai windows versi terburuk sepanjang masa. Sistem operasi yang kehilangan fitur menonjol yang sebelumnya dijanjikan akan disampaikan. Pelanggan yang jengkel dengan masalah seputar kompatibilitas, kegunaan, privasi dan keamanan. OS ini dianggap memiliki kontrol user akun yang menjengkelkan. Mantan CEO Mincrosoft, Steve Ballmer menyatakan bahwa Vista adalah penyesalan terbesarnya selama masa jabatannya sebagai pemimpin.

Kegagalan 2 : Karakter Yang Menjengkelkan

microsoft characters

microsoft characters via creativejs.com

Microsoft berusaha untuk menyediakan asisten PC pribadi pada tahun 1995. Karakter yang muncul di layar, Microsoft Bob memiliki wajah tersenyum dengan kacamata. Karakter tersebut diyakini bisa membantu pengguna untuk menjalankan fungsi tertentu. Perusahaan telah mengintegrasikan Bob untuk menyediakan antarmuka yang lebih mudah untuk Windows 95. Bob memandu pengguna dengan kartun rumahnya. Clippy adalah karakter lain yang dikembangkan Microsoft sebagai asisten Office. Bahkan Microsoft mulai mengejek karakter menjengkelkan ini.

Kegagalan 3 : Microfot Zune

microsoft zune

Bill Gates Memperkenalkan Zune via tagesanzeiger.ch

Perusahaan meluncurkan Zune pada bulan November 2006 untuk bersaing dengan Apple iPod. Pada saat Zune memukul pasar, Apple telah menjual lebih dari 100 juta iPod. Zune dijual hanya 1,2 juta unit dala satu tahun. Produk ini gagal dipasaran. Zune adalah produk pertama Microsoft yang dirancang sendiri. Perusahaan menghentikan pengembangan dan pembuatan Zune pada tahun 2008.