Pertanyaan saat interview programmer Java | Bahasa pemrograman Java sudah menjadi jantung dari sebagian besar teknologi. Bahasa pemrograman ini digunakan oleh komunitas developer dari seluruh dunia.

programmer java

Programmer Java (Image: Codecondo.com)

Banyak teknologi terkemuka saat ini menggunakan Java sebagai core nya. Kebanyakan organisasi teknologi menginginkan engineer nya untuk memiliki pengetahuan tentang Java, bahkan calon karyawan baru diperusahaan besar akan ditanya seputar Java.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang biasanya diajukan selama wawancara kerja, seperti Jurnalweb.com kutip dari laman javacodegeeks.com.

1. Bagaimana jika method utama dideklarasikan sebagai private?

Jawaban: Program mengkompile dengan benar, akan tetapi pada saat runtime akan memberikan pesan bahwa “method utama tidak publik”.

2. Apa yang dimaksud dengan pass by reference dan pass by value di Java?

Jawaban: Pass by reference berarti, melewati alamat itu sendiri daripada melewati nilainya. Pass by value berarti melewati salinan dari nilai (value).

3. Jika Anda meng-override method equals() dari suatu objek, metode lain apa yang mungkin Anda pertimbangkan?

Jawaban: hashCode()

4. Mengapa driver Oracle tipe 4 disebut sebagai oracle dengan driver tipis?

Jawaban: Oracle menyediakan sebuah 4 Type JDBC driver, disebut sebagai Oracle ‘thin’ driver. Driver ini termasuk implementasi dari TPC / IP versi dari Oracle Net8 yang seluruhnya ditulis dengan Java, sehingga platform independen, dapat di download ke browser pada saat runtime, dan tidak memerlukan perangkat lunak Oracle pada sisi klien. Driver ini membutuhkan sebuah listener TCP/IP pada sisi server, dan koneksi string menggunakan alamat port TPC/IP, tidak masuknya TNSNAMES untuk nama database.

5. Apa API Java?

Jawaban: API Java adalah koleksi komponen perangkat lunak yang cukup besar yang siap digunakan untuk menyediakan banyak kemampuan yang berguna, seperti Graphical User Interface (GUI) widget.

6. Apa itu class GregorianCalendar ?

Jawaban: GregorianCalendar memberikan dukungan untuk kalendar tradisional barat.

7. Apa itu class ResourceBundle?

Jawaban: Kelas ResourceBundle digunakan untuk menyimpan sumber daya lokasi spesifik yang dapat dimuat oleh sebuah program untuk menyesuaikan tampilan program ke daerah tertentu dimana dia sedang berjalan.

8. Mengapa tidak ada variabel global di Java?

Jawaban: Variabel global dapat diakses secara global. Java tidak mendukung variabel global karena alasan berikut:
– Variabel global menghentikan transaksi referensial
– Variabel global menimbulkan tabrakan di namespace

9. Apa itu class SimpleTimeZone ?

Jawaban: Kelas SimpleTimeZone menyediakan dukungan untuk kalender Gregorian.

10. Apa yang dimaksud explicit casting?

Jawaban: Explicit casting dalam proses dimana compiler secara khusus diinformasikan tentang perubahan objek.

Itulah beberapa pertanyan pada saat interview Java, jadi untuk Anda yang ingin melamar pekerjaan sebagai programmer Java, ada baiknya mempelajari hal tersebut ya :)

Sumber: javacodegeeks.com