10 distro Linux untuk hacker yang digunakan untuk hacking — Bila bicara soal Linux, biasanya orang langsung akan tertuju pada distro linux yang banyak dipasaran seperti Ubuntu atau Debian. Tidak ada salahnya menggunakan distro tersebut karena memang distro tersebut mimiliki kemampuan dan tampilan yang sangat bagus.

Namun jika bicara tentang dedemit siber dan keamanan komputer, biasanya bukan distro tersebut yang digunakan, melaikan distro-distro lain yang mempunyai alat penetrasi lebih komplit.

linux hacking distro hacker

ilustrasi hacker via alrasheedmedia.com

Berikut adalah sepuluh Distro Linux yang digunakan hacker.

1. Backtrack 5r3

Ini meruapakan distro linux yang paling disukai orang-orang tersebut karena memang linux ini ditujukan untuk mereka dan banyak tool untuk melakukan pentest (penetration testing). Distro ini berbasiskan sistem operasi Ubuntu.

2. Nodezero

Nodezero adalah contoh lain dari sistem operasi untuk hackin9 yang berbasiskan Ubuntu, digunakan untuk pengujian penetrasi, setiap kali anda mendapatkan update untuk ubuntu, maka Nodezero juga mendapatkan.

3. BackBox Linux

Ini adalah distro lain yang berbasiskan Ubuntu yang digunakan untuk keperluan hacking. Menurut para pengembang, OS ini dibuat untuk pengujian penetrasi agar lebih mudah dilakukan. Update tool-tool untuk hacking juga didapatkan dari repositori nya.

4. Blackbuntu

Ubuntu memang bukan distro untuk keperluan tersebut, namun banyak sekali linux yang berbasiskan Ubuntu yang digunakan untuk tujuan tersebut. Linux ini hadir dengan fitur seperti pemetaan jaringan, pengumpulan informasi, penetrasi, mengidentifikasi lubang keamanan yang rentan, eskalasi hak akses, analisis jaringan radio, analisis VoIP, dan masih banyak lagi.

blackbuntu

blackbuntu via ndonetworksecurity.com

5. Samurai Web Testing Framework

Distro ini berfokus pada tool untuk melakukan penyerangan pada situs website menggunakan aplikasi gratis terbaik dan oper source. Para pengembangnya telah menyertakan empat langkah kedalam distribusi yaitu pengintaian, including, pemetaan atau mapping, serta ekploitasi.

– Baca juga: 6 Website Terbaik Untuk Belajar Linux dan Unix

6. Knoppix STD

Setalah sebelumnya banyak bicara distro berbasis ubuntu, maka untuk yang kali ini adalah distro berbasis Debian yang menjalankan GNOME, KDE, LXDE dan lingkungan dekstop Openbox

7. Pentoo

Distro yang bisa dijalankan dengan live CD ini dibuat untuk pengujian keamanan dan didasarkan pada Gentoo. Distro linux ini disertai dengan tool untuk h4cking seperti Backported WiFi stack, XFCE4 dan lain sebagainya.

8. Weakerthan

Distribusi linux ini menggunakan lingkungan desktop dari Flufbox dan sangat cocok untuk WiFi h4cking karena linux ini dilengkapi dengan banyak sekali alat wireless nya. Distro ini berbasis Debian-Squeeze yang memiliki tool seperti penyerangan WiFi, eksploitasi Cisco, injek SQL, Bluetoots dan lain sebagainya.

9. Matriux Kryptoon

Setelah Weakerthan, ini mungkin distribusi pertama yang berbasiskan OS Debian. Dan distro linux ini berisi gudang dengan 300 amunisi berupa alat keamanan dan baik untuk etika, pengujian penetrasi, pengujian keamanan, sistem dan admin jaringan, investigasi forensik secara maya :)

10. DEFT

OS ini berbasiskan pada Kernel Linux 3 bersama dengan Digital Advanced Response Toolkit.

Jika anda yang kurang menurut anda, maka anda bisa menuliskan tambahannya di bagian komentar.

*mohon maaf jika beberapa kata dan kalimat terlarang kami samarkan

Via www.concise-courses.com