Beberapa website untuk tempat mencari dan mendapatkan barang gratis — Saat ini semakin banyak website yang diciptakan, dengan bermacam topik dan kegunaan. Namun ada website yang memungkinkan anda untuk mendapatkan sesuatu tanpa perlu membayar. Hal ini memungkinkan anda untuk lebih mudah menemukan hal-hal gratis yang tidak diperlukan lagi oleh orang lain.

Jadi, jika anda mencari pakaian yang tepat usaha kantor anda, atau untuk anak anda. Maka ada beberapa website yang bisa membantu anda mendapatkan barang-barang murah bahkan gratis.

barang gratis

ilustrasi barang gratis via thisgivesmehope.com

Berikut ini adalah beberapa website tersebut.

Craigslist

Craigslist adalah marketplace yang populer untuk menemukan furnitur murah secara online. Website ini menyediakan apapun yang anda perlukan, bahkan anda bisa mendapatkan barang tersebut secara gratis.

Anda bisa mencari kota tempat anda tinggal pada bagian “For Sale”, dan setelah itu anda akan menemukan barang yang tersedia secara gratis, jika anda sedang beruntung. Pada bagian tersebut anda bisa menemukan perabotan rumah tangga atau barang-barang sejenis lainnya.

Freecycle

Freecycle adalah jaringan website yang dimana semuanya gratis. Jaringan ini didasarkan pada konsep “One man’s trash is another man’s treasure” atau kalau dalam bahasa indonesia kira-kira maknanya “Sampah satu orang adalah harta karun untuk orang lain”. Freecycle berfokuskan pada grup lokal. Anda harus mendaftar untuk bergabung dengan salah satu group yang ada di Freecycle. Anda dapat mengirim iklan untuk daftar barang yang ingin anda jual. Namun berbeda dengan Crigslist, Anda perlu mengatur pertemuan untuk bisa bertemu dengna orang-orang untuk bertukar barang/item.

Website lain yang juga menyediakan barang murah bahkan gratis yaitu TotallyFreeStuff

Situs Barter

Ada sejumlah situs barter dimana anda dapat menemukan barang-barang high-end seperti sepeda motor, mobil atau bahkan rumah. BarterQuest dan TradeAway adalah dua contoh situs barter yang cukup populer. Anda bisa membuat daftar hal-hal untuk dijual disitus tersebut. Ada pilihan untuk membuat daftar barang yang tergolong kecil seperti baju atau furnitur. Pada TradeAway, semua perdagangan ditetapkan secara lokal sementara di Barterquest anda dapat melakukan perdagangan secara Internasional.

Facebook Group

Selain jenis situs diatas, anda juga bisa mencari barang-barang gratis di Group Facebook, anda bisa mencari group yang membernya lokal atau yang mencakup daerah rumah anda. Disana anda kemungkinan bisa membeli barang murah, barang yang bisa dibarter, atau bahkan ada yang memberikan secara gratis.

Kumpulan group penyedia barang gratis bisa anda lihat disini atau disini.

Jadi ada banyak cara untuk mendapatkan barang secara gratis dari internet, tidak semua orang hanya ingin berjualan di dunia maya, kadang ada orang yang suka berbagi melalui internet, membagikan barang yang mungkin sudah tidak dia perlukan lagi, namun mungkin masih bisa berguna untuk anda.

Baca Juga: 7 Website Tempat Menjual Karya Seni dan Desain

Semoga berguna, atau setidaknya bisa menambah sedikit wawasan anda tentang beragamnya aktivitas didunia maya.