Daftar website marketplace tempat jual beli theme dan plugin WordPress terbaik — Menjamurnya pengguna WordPress hingga menjadikannya sebagai CMS nomor paling populer saat ini tentu berdampak pada angka penjualan theme dan plugin serta hal-hal lain yang berkaitan dengan WordPress.

Para pengembang WordPress saat ini memiliki kesempatan yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya untuk menghasilkan uang. Yaitu dengan menawarkan jasa pembuatan website dengan WordPress, atau menjual theme dan plugin WordPress. Coba bayangkan, website universitas ternama di Indonesia saja banyak yang menggunakan WordPress sebagai basisnya.

wordpress theme marketplace

Banyaknya permintaan seputar WordPress ini ternyata juga memunculkan banyak pasar tempat jual beli theme dan plugin WordPress di internet atau biasa disebut Marketplace. Marketplace merupakan tempat untuk melakukan jual beli, orang bisa menjual produknya dan biasanya sistemnya adalah bagi hasil.

Pada sebuah marketplace website & desain, seseorang bisa menjual ataupun membeli berbagai hal yang berkaitan dengan hal tersebut, baik itu PSD, template HTML, theme, plugin atau script lainnya. Angka penjualan disana cukup besar, telah banyak orang sukses dan menjagi kaya raya dengan berjualan di marketplace.

Berikut ini beberapa tempat jual beli atau marketplace WordPress yang perlu Anda ketahui.

1. Themeforest

Themeforest

Themeforest merupakan salah satu pasar jual beli theme terbesar yang dimiliki oleh Envato. Themeforest memiliki lebih dari 10.000 theme dan template yang dipublikasikan oleh lebih dari 2.500 author(sebutan untuk penjual theme disana).

Themeforest bisa dibilang marketplace paling populer dikalangan penggiat website. Kualitas theme yang dijual disanapun dijamin bagus, karena setiap theme yang dijual harus lulus uji standar kelayakan, kalau dianggap tidak bagus maka akan ditolak. Sedangkan untuk setiap theme yang terjual sistemnya bagi hasil, 70% untuk pembuat theme, 30% untuk themeforest.

2. CodeCanyon

CodeCanyon

CodeCanyon merupakan martketplace lainnya yang dimiliki oleh Envato, kalau themeforest khusus untuk jual beli theme & template yang berhubungan dengan tampilan, CodeCanyon adalah untuk jual beli script, termasuk di dalamnya jual beli plugin wordpress.

3. Creative Market

Creative Market

Creative Market memungkinkan desainer untuk menjual theme WordPress, template HTML, dan hal lain yang berkaitan dengan desian grafis, seperti brosur, logo hingga kartu nama.

Creative Market cukup unik dibandingkan marketplace lainnya, dimana mereka tidak menyertakan proses review. Sehingga theme Anda akan lebih mudah masuk ke daftar jual mereka. Seperti halnya marketplace lain, Creative Market juga memiliki sistem komisi atau bagi hasil.

4. Mojo Themes

Mojo Themes

Mojo Themes adalah pasar jual beli theme yang memiliki sekitar 1000 theme dan template. Sama seperti Themeforest, Mojo Themes memberikan Anda 50% dari penjualan awal sebagai penulis eksklusif, dan memungkinkan Anda untuk menyimpan hingga 70% jika berhasil laku lebih banyak.

5. Mojo Code

Mojo Code

Mojo Code adalah saudara dari Mojo Themes, tapi Mojo Code khusus untuk menjual kode atau script untuk pembuatan website, termasuk plugin WordPress tentunya. Dari segi penjualan, tentu saja Mojo Code belum ramai seperti CodeCanyon, namun seiring berjalannya waktu tentu bisa berubah dan bahkan menjadi saingan.

6. ThemeSnap

ThemeSnap

ThemeSnap adalah tempat jual beli atau marketplace untuk theme WordPress dan Drupal, serta template html lainnya. Sedangkan untuk komisinya, setiap theme yang berhasil dijual, sang desainer akan mendapatkan 75% dari harga theme.

7. WP Eden

WP Eden

WP Eden memungkinkan orang untuk melakukan jual beli theme serta plugin WordPress. WP Eden bisa menjadi lapak yang cukup potensial bagi Anda yang jago dalam membuat theme dan plugin WordPress, karena disini saingannya belum terlalu besar tentu akan membuat produk buatan Anda menjadi lebih sering ditemukan oleh pengunjungnya.

 8. WP Shop

WP Shop

WPShop baru akan diluncurkan pada bulan Juni mendatang (2 bulan lagi). Ini bisa jadi pasar yang potensial untuk para desiner yang ingin menjual theme dan plugin yang berkaitan dengan WordPress.

WP Shop juga memungkinkan pengembang untuk membagikan theme gratis, sehingga Anda bisa memanfatakan platform ini untuk distribusi tambahan theme gratis Anda.

– Baca juga: 11 Cara Menghasilkan Uang Dengan WordPress

9. Codester

Codester

Codester merupakan salah satu tempat lainnya untuk jual beli theme dan plugin WordPress di dunia maya. Selain theme, mareka juga memungkinkan siapa saja untuk menjual produk lain seperti script, aplikasi dan desian grafis. Komisinya sekitar 70%, lumayan kaan….

10. inkthemes

Inkthemes

Inkthemes juga salah satu website yang memungkinkan orang untuk melakukan jual beli theme di website mereka. Berbagai theme wordpress keren sudah ada disana. Website ini menerapkan proses review untuk menjaga kualitas theme yang masuk. Sedangkan untuk setiap produk yang terjual, pembuat website akan mendapatkan 50%. Kalau terjual puluhan ribu kan lumayan banget…

11. Devitems

DevItems

Devitems memungkinkan Anda untuk menjual berbagai produk seperti PSD, HTML dan juga theme WordPress. Belum banyak theme WordPress yang dijual disini, jika produk Anda bisa segera masuk tentu kesempatan untuk laku akan lebih besar karena saingan belum banyak seperti di ThemeForest.

12. Codegrape

Codegrape

Codegrape termasuk marketplace untuk jual beli theme dan plugin WordPress yang cukup besar, berdasarkan pantuan Jurnalweb.com tercatat mereka saat ini memiliki 14.977 member, 4.001 produk dan sudah berhasil menjual sekitar 9.451 produk. Jadi untuk Anda yang jago dalam pembuatan theme dan plugin WordPress, ini bisa menjadi lapak yang potensial untuk Anda.

Kesimpulan

Wah ternyata banyak sekali ya ladang ataupun lapak yang bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang dengan berjualan theme dan plugin WordPress. Sekali lagi kami ingatkan bahwa pengguna WordPress saat ini sangat sangat sangaatt banyak. Jadi jangan tunda lagi, buat theme atau plugin berkualitas dan jual di marketplace.