Tren ukuran layar yang banyak digunakan saat ini untuk web designer – Banyak sekali model dan ukuran perangkat yang dibuat oleh produsen saat ini, baik itu untuk smartphone, laptop, maupun layar komputer pribadi (PC).

Bagi web designer era sekarang ini, ketika membuat desain sebuah website tentu saja ukuran lebar layar tidak terlalu menjadi masalah karena semua bisa diatasi dengan cara membuat website yang responsive.

Namun yang terkadang menjadi masalah adalah untuk tinggi layar yang digunakan oleh user / pengunjung website.

ukuran layar screen size

Ilustrasi ukuran layar (Image: youtube.com)

Karena ukuran tinggi ini berhubungan dengan perhitungan bagi web designer untuk menentukan seperti apa tampilan above the fold sebuah website.

Penentuan above the fold sangat penting karena itulah tampilan utama yang terlihat oleh user ketika mereka mengunjungi sebuah website (sebelum scroll).

Web designer harus memperhitungkan hal tersebut agar tampilan utama tersebut tidak terpotong, sehingga hal-hal yang sangat perlu untuk ditampilkan di awal bisa terlihat dengan sempurna.

Selain itu above the fold ini juga menjadi hal yang diperhitungkan oleh Google dalam menilai kecepatan sebuah website. Website yang cepat menjadi salah satu indikator menentukan posisi website di hasil pencarian Google. Google menyukai website yang cepat aksesnya.

Untuk mengatasi hal tersebut tentu menjadi sangat sulit juga karena ukuran tinggi perangkat yang digunakan bermacam-macam.

Cara yang paling aman adalah dengan melihat ukuran berapa yang paling banyak digunakan oleh pengunjung pada saat ini dengan mengetahui trend terbaru. Sehingga Anda bisa memperhitungkan untuk membuat ukuran desain website sesuai dengan tren tersebut.

Salah satu trik untuk mengetahui trend terbaru dari ukuran layar berapa saja yang banyak digunakan oleh user pada saat ini Anda bisa mengunjungi halaman website http://screenresolution.org, atau untuk yang berbahasa Indonesia Anda bisa mengunjungi http://id.screenresolution.org.

Anda bisa melihat perkembangannya dari tahun ke tahun, termasuk untuk tahun 2017 ini.

Pada website tersebut Anda juga bisa melihat berapa ukuran layar yang sedang Anda gunakan, mereka akan mendeteksi secara otomatis.

Selamat mendesain website kawan-kawan…