Lima tips SEO yang mudah dilakukan agar website anda SEO friendly — SEO saat ini menjadi faktor yang sangat berpengaruh pada keberhasilan sebuah website dalam mendatangkan pengunjung secara organic atau secara natural, tanpa perlu mengeluarkan uang untuk iklan.

Karena SEO itu sangat penting, jadinya setiap orang berlomba-lomba untuk membuat websitenya SEO Friendly, berbagai cara dilakukan. Namun SEO itu tidaklah mudah untuk dilakukan, banyak website yang gagal berkembang karena SEO nya kurang optimal atau karena kontennya kurang menarik.

tips seo

Tips Seo (Foto: Youtube)

Berikut ini beberapa tips seo yang mudah untuk dilakukan agar website Anda SEO friendly.

Keyword di nama domain

Jika Anda tertarik pada bidang tertentu seperti “design”, maka pastikan sebisa mungkin untuk memasukan kata kunci tersebut di nama domain Anda, misal “designtips.com” atau “aboutdesign.com”.

Keyword di post URL

URL adalah salah satu faktor yang sangat diperhitungkan oleh Google dalam penempatan sebuh artikel website di hasil pencarian, jadi pastikan Anda menuliskan kata kunci yang Anda targetkan di URL, jika Anda menggunakan WordPress maka ubahlah permalink agar kata kunci bisa disertakan di URL artikel.

Optimasi Tag Title, Headings & Body

Sertakan setidaknya satu kata kunci yang anda targetkan di tag title, headings, dan di meta description. Tidak perlu menggunakan banyak kata kunci di dalam body, namun ada baiknya anda menggunakan kata kunci di subheadings.

– Baca juga: Optimasi Title Tag untuk SEO Website Anda

Optimasi Gambar

Pengunjung website bisa saja datang dari gambar yang Anda taruh di halaman website, Google image contohnya, dia akan menampilkan semua gambar yang sesuai dengan kata kunci yang di cari oleh seseorang. Jadi jangan sepelekan gambar, berikan nama yang tepat untuk gambar, penamaan seperti “gadis-cantik.jpg” tentu lebih bagus dibanding “IMG_929asdad90.jpg”, karena saat seseorang mencari kata kunci “gadis cantik” maka ada kemungkinan gambar yang ada di halaman web Anda muncul, dari situ bisa mendatangkan pengunjung.

Bukan hanya nama file gambar, namun anda juga harus menyertakan setidaknya satu kata kunci di ALT tag pada gambar, selain itu pastikan ukuran gambar tidak besar, Anda bisa kompres gambar terlebih dahulu agar mudah dibuka.

alt tag

Contoh Alt tag (Foto: designwebkit.com)

Interlink

Tautkan semua tulisan yang memiliki kesamaan, pastikan link tersebut menyertakan kata kunci juga. Jika Anda berniat menautkan ke website lain diluar website Anda, maka pastikan Anda menautkan hanya ke website-website ternama dan terpercaya, jangan tautkan website Anda ke website yang buruk, atau website spam.

Itulah beberapa tips mudah menerapkan SEO di website Anda, masih banyak trik SEO lain yang bisa Anda pelajari, Jurnalweb pun akan bersusaha sebisa mungkin untuk menuliskan trik seo lain dilain waktu. Jadi update terus website ini dan follow di Twitter maupun Facebook untuk mendapatkan hal menarik lain seputar web dan teknologi.