Tips cara menyimpan password dengan aman | Password adalah salah satu data penting yang harus disimpan dengan sangat hati-hati, tidak boleh ada satu orang pun yang mengetahuinya, kecuali diri sendiri atau orang lain yang memang ‘sangat’ dipercaya.

password keamanan data

Ilustrasi Password (Image: insights.scorpionsoft.com)

Pada era sosial media dan aplikasi seperti sekarang ini, seseorang memiliki banyak sekali akun untuk setiap sosial media atau aplikasi tersebut, ini menjadi masalah karena password setiap akun tersebut dibuat berbeda demi keamanan. Masalahnya yaitu pada kesulitan untuk mengingat.

Apalagi jika password yang digunakan itu sulit untuk diingat, maka akan semakin menyulitkan.

Berikut ini ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk menyimpan password, namun setiap pilihan tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilih metode mana yang paling Anda sukai dan tentunya paling aman menurut Anda.

1. Menggunakan Aplikasi Penyimpan Password

Gunakan layanan dompet penyimpan password seperti 1Password yang bisa menyimpan password terenkripsi dan menggunakan master password untuk mengaksesnya. Layanan memiliki keuntungan dimana Anda bisa menyimpan semua password yang Anda miliki dalam satu tempat tanpa harus mengingatnya, cukup mengingat password utama untuk membuka aplikasi tersebut saja. Namun tentu ada kekurangannya, dimana ketika orang lain mengetahui password utama dan membuka layanan aplikasi tersebut, maka semua password yang Anda simpan akan diketahui.

2. Tuliskan Password Anda

Menuliskan password pada sebuah buku atau dokumen pribadi memang mudah untuk dilakukan, namun jika seseorang memperoleh akses fisik ke kantor atau rumah dengan membaca catatan password maka itu bisa menjadi masalah serius.

3. Ingat Password di Kepala

Mengingat password di kepala adalah cara yang paling aman, namun jika sewaktu-waktu Anda lupa password karena terlalu banyak atau terlalu lama tidak mengingatnya, maka hal tersebut tentu akan membuat Anda kerepotan dan menjadi pusing untuk mencoba-coba.

4. Menggunakan Rumus Password

Cara yang cukup asik dilakukan adalah dengan menggunakan rumus/formula untuk password. Sebagai contoh: Ambil beberapa huruf dari nama domain Anda, lalu tambahkan pada awal atau akhir password yang sudah Anda hafal dengan menggunakan beberapa rumus, dengan cara ini Anda akan memiliki password yang berbeda-beda dan unik untuk setiap akun. Ini akan sangat aman jika Anda memiliki formula yang bagus.

Itulah beberapa cara menyimpan password dengan aman untuk Anda yang memiliki banyak akun dan password yang berbeda-beda pada setiap akun. Manajemen password memang sangat penting untuk dilakukan agar tidak kebingungan mengingat dan tentu yang paling penting agar data menjadi aman.