Standar desain web pemerintahan Amerika Serikat — Kita mengenal Amerika Serikat sebagai tempatnya website – website besar dunia berada, disana pusat dari teknologi komputer dan web. Sebut saja disana ada Google, Microsoft, Apple, Yahoo! dan lain sebagainnya. Namun ironisnya beberapa website pemerintahan mereka tampak usang, seperti website FBI misalnya, terlihat seperti website tahun 2005.

Namun semua desain usang tersebut akan mulai dibuat bersih dan rapih, karena baru-baru ini Kepala Dewan Bidang Informasi Amerika Serikat (CIO) merilis sebuah standar baru untuk digunakan disemua website pemerintahan yang ada di negeri paman sam tersebut.

US Web Design Standars

Dengan panduan ini diharapkan nantinya setiap desainer yang membuat website untuk pemerintahan Amerika Serikat akan mengikuti panduan desain tersebut. Dibuatnya standar tersebut tentu agar tampilan website Amerika nantinya akan terlihat memiliki irama dan rasa yang sama, walaupun bentuk layoutnya berbeda-beda.

Standar desain baru tersebut setidaknya menyoroti empat prinsip.

1. Membuat sesuatu yang terbaik semudah mungkin.

Pedoman baru ini dibuat untuk membantu developer dan designer menggunakan tools yang sederhaan namun memberikan konten yang berkualitas tinggi.

2. Aksesibilitas.

Standar ini dibangun untuk memenuhi standar aksesibilitas, dari warna hingga kode.

3. Desain untuk Fleksibilitas.

Halaman website pemerintah harus bisa beradaptasi dengan berbagai ukuran layar (responsive) dan itu harus konsisten di seluruh situs .gov yang berbeda.

4. Bisa digunakan kembali (Reuse, reuse, reuse).

CIO mengatakan mereka mereview, mengevaluasi dan menggunakan kembali pola, kode dan desain dari banyak sekali panduan gaya baik dari sektor pribadi dan pemerintahan agar ini mudah digunakan kembali.

CIO juga menekankan agar komponen UI dibuat sebaik mungkin sesuai dengan aturan warna dan tipografi dari 508-complient.

Sampel

Sudah ada beberapa website yang menggunakan standar baru ini, diantaranya adalah vote.usa.gov dan US Digital Services Playbook.

Sumber Daya

Jika anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang standar desain baru untuk website Amerika ini, atau jika Anda kebetulan sedang mengerjakan website .gov maka Anda bisa mengunjungi halaman resmi dari U.S. Web Design Standards atau memberikan feedback melalui GitHub.

Bagaimana dengan situs-situs pemerintahan di Indonesia???

Nampaknya standar desain semacam ini perlu juga dibuat oleh pemerintahan Indonesia agar website-website pemerintahan yang ada di Indonesia bisa memiliki irama yang sama juga. Karena jika dilihat, sebagian besar website pemerintahan Indonesia masih menggunakan gaya desain yang bisa dibilang ‘kuno’ dan semuanya tidak beraturan atau dengan kata lain masih dibuat dengan sebebas-bebasnya oleh desainernya sesuai dengan keinginan pemimpin departemennya/daerah/otoritas masing-masing.

Semoga saja keinginan tersebut bisa terwujud, agar website-website pemerintahan Indonesia bisa memiliki karakter tersendiri di dunia maya ini, dengan adanya sebuah style guide yang baik.