Spesifikasi minimum komputer untuk menginstall dan menjalankan windows 10 | Windows 10 System Requirements — Windows 10 sudah resmi diluncurkan oleh Microsoft pada 29 july 2015 dan menjadi sistem operasi andalan terbaru dari Microsoft, banyak sekali perubahan yang dilakukan Microsoft di OS terbarunya tersebut, salah satunya adalah adanya web browser terbaru yaitu Microsoft Edge yang disebut-sebut lebih cepat dibanding Google Chrome. Selain itu yang menarik dari Windows 10 adalah Anda bisa upgrade secara gratis apabila sebelumnya Anda sudah pernah membeli dan menginstal Windows 7 SP1 atau Windows 8 di komputer Anda.

windows 10

Windows 10 (Image:delfinstereo.com)

Spesifikasi komputer untuk bisa menjalankan Windows 10 tidaklah harus yang tinggi. Windows bisa dijalankan di komputer yang sebelumnya sudah pernah terinstal windows 7 dan windows 8. Jadi Anda tidak perlu meningkatkan processor ataupun ram komputer Anda.

Namun jika Anda ingin membeli sebuah komputer baru dan ingin bisa menginstal Windows 10 di komputer tersebut, maka berikut adalah spesifikasi minimal komputer untuk bisa menjalankan Windows 10.

windows system requirements

Processor:

1 gigahertz (GHz) atau processor yang lebih tinggi atau SoC

RAM:

1 gigabyte (GB) untuk 32-bit atau 2 GB untuk 64-bit

Ruang Hard disk:

16 GB untuk 32-bit OS, 20 GB untuk 64-bit OS

Graphics card:

DirectX 9 atau yang lebih baru dengan WDDM 1.0 driver

Display:

800×600

Bisa kita lihat bahwa tidak dibutuhkan komputer yang memiliki spesifikasi yang tinggi untuk bisa menjalankan Windows 10, namun untuk performa maksimal tentu spesifikasi yang lebih tinggi dari itu akan lebih bagus.