Software edit video Youtube | Menjadi pembuat video Youtube atau biasa dikenal dengan sebutan Youtuber itu tidak mudah, banyak orang berpaling karena menganggap pekerjaan tersebut membosankan, karena ada banyak sekali hal atau proses yang harus dilakukan.

Menjadi Youtuber membutuhkan banyak alat dan perangkat lunak untuk menghasilkan sebuah video hingga bisa ditonton pemirsanya. Proses shooting video hanyalah sebagian cerita saja, pasca-produksi merupakan bagian yang lebih penting.

Bagian utama dari pasca-produksi termasuk mengedit video untuk membuatnya terlihat lebih sempurna dan bisa dinikmati penonton. Dan untuk itu, pencipta video Youtube pasti membutuhkan software editing video yang tepat untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Untuk membantu Anda yang mengalami dilema dalam memilih software edit video terbaik, maka berikut ini Jurnalweb tampilkan daftar software video editing terbaik yang bisa Anda gunakan untuk membuat video Youtube. Cekidot..

Software edit video gratis

1. HitFilm Express ini mungkin perangkat lunak yang memiliki banyak sekali fitur editing video diantara software editing video gratis lainnya. Software ini tersedia untuk pengguna Windows dan Mac, dan dilengkapi dengan fitur yang cukup baik untuk melakukan dasar video editing.

hitfilm

Hitfilm (Image: hitfilm.com)

2. Windows Movie Maker merupakan aplikasi edit video yang dibuat oleh Microsoft, Windows Movie Maker dibuat eksklusif untuk mesin Windows. Ini adalah perangkat lunak yang sangat dasar untuk editing video dengan fitur yang bisa dibilang terbatas, dan hanya baik untuk memberikan beberapa sentuhan sederhana saja untuk video buatan Anda.

3. iMovie merupakan software yang dibuat oleh Apple dan gratis untuk semua Mac terbaru, namun harus membayar sebesar $14.99 untuk lainnya. Ini merupakan aplikasi yang sangat mudah untuk digunakan namun memiliki banyak sekali fitur untuk membuat video Anda terlihat lebih bagus. Ini termasuk salah satu aplikasi edit video terbaik untuk pemula yang ingin membuat video Youtube.

– Baca juga: 4 Cara Agar Video Youtube Ditonton Banyak Orang

4. LightWorks sudah takterbantahkan lagi adalah salah satu perangkat lunak gratis yang paling terkenal untuk editing video. Alasan? Ini sama sekali tidak terlihat seperti perangkat lunak yang gratis jika melihat jumlah dan kualitas fitur yang ditawarkan, dan di atas semua, aplikasi ini bisa bekerja pada komputer Windows dan Mac. Jadi, kurang keren apa lagi coba?

Software editing video untuk pemula

1. Corel VideoStudio Pro – Corel bukanlah nama baru di industri perangkat lunak, namun mereka adalah pelopor dalam semua jenis software yang mereka buat, termasuk VideoStudio Pro. Ini adalah salah satu perangkat lunak untuk editing video yang sangat canggih, namun asiknya software ini sangat mudah digunakan, sehingga cocok untuk pemula.

Corel VideoStudio Ultimate X9

Corel VideoStudio Ultimate X9 (Image: hit2k.com)

2. Adobe Premiere Elements – Jika Anda melakukan upgrade dari Windows Movie Maker, maka Adobe Premiere Elements bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk Anda. Ini adalah perangkat lunak entry level editing video dari Adobe, dan dirancang khusus untuk kemudahan pemula dalam pembuatan konten video YouTube. Ini tersedia untuk Windows dan Mac.

3. Camtasia merupakan aplikasi edit video lain yang kaya fitur, namun perangkat lunak editing video ini mudah untuk digunakan, cocok untuk pemula. Aplikasi ini juga menawarkan banyak fitur tambahan. Selain dapat digunakan pada Windows maupun Mac, Camtasia juga memungkinkan Anda merekam layar komputer Anda, sehingga Anda dapat dengan mudah mengedit pada perangkat lunak itu sendiri. Keren kan, cobain deh kalo tidak percaya.

4. Pinnacle studio ini hanya tersedia untuk pengguna Windows, ini adalah software editing video level dasar namun cukup mumpuni sebagai software editing video untuk mereka yang suka membuat video YouTube. Selain itu, software ini biaya jauh lebih murah daripada perangkat lunak lain dengan kualitas yang sama.

– Baca juga: 7 Aplikasi Edit Video Android Terbaik

5. AVS Video Editor bukanlah software mewah, namun sangat berguna untuk membuat video YouTube. Timeline yang dimilikinya membuat proses lebih mudah, perangkat lunak ini juga memiliki banyak fitur yang berguna untuk proses editing video.

Aplikasi edit video untuk profesional

1. Adobe Premiere Pro tentunya sudah tidak diragukan lagi kemampuannya, Adobe Premiere Pro adalah software paling oke dan terbaik untuk semua pekerjaan yang terkait video editing. Ia bisa menangani segala sesuatu yang Anda butuhkan dalam hal tersebut, termasuk menangani video 4K, pengeditan multi kamera. Sofware ini tentunya memiliki begitu banyak fitur, namun itu bisa jadi akan menyulitkan bagi pemula untuk mempelajarinya, setelahnya Anda akan memahami bahwa tidak rugi mempelajarinya.

2. Final Cut Pro X adalah sebuah produk buatan Apple, dan eksklusif untuk komputer Apple, Final Cut Pro X memiliki antarmuka yang mirip dengan iMovie yang sudah dibahas di atas, tetapi memiliki lebih banyak fitur yang mereka tawarkan. Aplikasi ini sangat cepat dan bisa menangani segala sesuatu dengan mudah, karena dirancang khusus untuk bekerja pada komputer Mac yang terkenal dengan spesifikasi yang sangat baik untuk multimedia.

Final Cut Pro X

Final Cut Pro X (Image: digitaltutors.com)

3. Sony Vegas Pro adalah software buatan Sony, Sony sendiri sudah tidak diragukan lagi kiprahnya dalam hal pembuatan video maupun musik. Software buatan mereka ini sangat mumpuni dan bisa Anda buktikan sendiri. Bisa dibilang ini adalah software edit video ‘high-end’ dan sangat sempurna untuk mengedit video Youtube dan konten lainnya. Software ini mungkin akan sulit digunakan oleh pemula, karena fiturnya cukup banyak.