Software / alat untuk membuat toko online / website e-commerce gratis terbaik (open source) — Dengan munculnya berbagai platform e-commerce yang gratis dan mudah untuk digunakan, semua usaha kecil menengah berbondong-bondong untuk mengonlinekan produk dan layanan mereka.

Menggunakan platform e-commerce yang open source bisa membantu Anda dalam mengelola transaksi online dengan biaya yang rendah, namun dengan banyaknya platform yang tersedia memunculkan dilema tersendiri dalam memilih platform yang terbaik.

e-commerce

E-Commerce (Image:globalecommercealliance.org)

Tidak perlu bingung, karena Jurnalweb.com kali ini akan membahas enam platform e-commerce open source yang terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menunjang pembuatan toko online untuk usaha Anda.

Berikut enam platform / alat untuk membuat toko online atau e-commerce gratis yang terbaik.

Prestashop

prestashop

PrestaShop adalah alat pembuat toko online yang sangat mudah untuk digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda dapat dengan mudah membuat toko online (e-commerce) Anda menggunakan PrestaShop. Platform ini tersedia dalam versi hosted dan self-hosted. Namun satu-satunya kendala dalam penggunaan PrestaShop adalah ketersediaan pilihan kostumasi yang sedikit. Keterbatasan elemen grafis. Platform ini memiliki banyak theme premium yang bisa Anda beli.

– Baca juga: 6 Theme Prestashop Gratis untuk Toko Online Anda

 

OpenCart

OpenCart adalah platform ecommerce open source yang cukup populer. Aplikasi software ini menjanjikan pengalaman user-friendly. Anda tidak perlu memiliki skil dan pengalaman dalam pemrograman untuk membangun situs e-commerce menggunakan OpenCart. Satu-satunya kekurangan dari OpenCart adalah bahwa Anda harus bergantung pada plugin. OpenCart adalah software keranjang belanja yang cukup sederhana. Selain itu OpenCart tidak memiliki banyak fungsi yang kompleks.

osCommerce

oscommerce

osCommerce adalah tools open source dipercaya oleh pengguna dan pedagang selama lebih dari 15 tahun belakangan ini. Platform ini memiliki lebih dari 7000 add-ons yang dikelola oleh komunitas. Komunitas osCommerce sangat besar dan memiliki lebih dari 260.000 anggota yang sebagian diantaranya tentu pedagang online, pengembang dan para penyedia layanan. Satu-satunya kekurangan dari osCommerce adalah kurangnya skalabilitas.

Zen Cart

Zen Cart adalah sebuah sistem manajemen produk yang cukup baik. Ini adalah salah satu solusi untuk melayani kebutuhan bisnis e-commerce Anda. Zen Cart memiliki segala sesuatu yang Anda butuhkan, mulai dari manajemen inventori untuk menangani penjualan serta menyediakan sistem yang cukup bagus dengan memberikan semua kontrol penuh di tangan Anda. Satu-satunya kelemahan dari Zen Cart adalah, user interface-nya. Antarmuka default nya kurang bagus. Namun, Anda dapat menggunakan template yang sudah disesuaikan dengan Zen Cart.

WooCommerce

woocommerce

WooCommerce adalah platform e-commerce yang open source untuk situs WordPress. Platform ini memiliki dukungan komunitas yang cukup besar juga. Alat ini sangat user-friendly dan Anda dapat menginstal, set-up dan situs akan siap untuk diluncurkan dalam waktu yang cukup singkat. Pada tampilan luarnya, WooCommerce termasuk yang mobile-friendly. Jadi membantu pemilik toko untuk membuat aplikasi mobile untuk toko mereka. WooCommerce memiliki banyak add-on. Satu-satunya kekurangan dari WooCommerce, dia hanya dapat digunakan dengan WordPress.

– Baca juga: 5 Alat Untuk Membuat Toko Online Dengan WordPress

Magento

magento

Selanjutnya yang tidak kalah bagus untuk membuat situs ecommerce adalah Magento, aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur yang bisa menunjang situs ecommece Anda, Magento termasuk salah satu platform ecommerce yang cukup cepat perkembangannya, saat ini memiliki komunitas yang cukup banyak dari seluruh dunia. Magento tersedia dalam versi gratis dan premium.